IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

10 Duta Wisata Sumbar Beri Pelayanan Informasi di BIM

Padang – Duta wisata se-Sumatera Barat (Sumbar) akan memberikan pelayanan informasi kepada para wisatawan maupun perantau yang sampai di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Direktur Pusat Kajian Pariwisata Universitas Andalas (Unand) Padang, Sari Lenggogeni di Padang, Selasa, mengatakan untuk pelayanan informasi ini pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Provinsi dan juga pihak Angkasa Pura II.

“Di lapangan nanti yang akan bertugas memberikan informasi terhadap wisatawan adalah para duta wisata dari beberapa kabupaten/kota yang ada di Sumbar,” katanya.

Ia menyebutkan pusat pelayanan informasi ini sebenarnya sudah dimulai sejak tahun lalu, karena program ini dinilai bermanfaat bagi para wisatawan makanya tahun ini kembali dilaksanakan.

Menurut dia, program ini akan dilaksanakan selama sepuluh hari dimulai dari 21 Juni hingga 29 Juni 2017.

“Setiap harinya akan bertugas duta wisata dari satu kabupaten/kota dan merekalah yang akan memberikan pelayanan informasi terkait wisata Sumbar,” katanya.

Ia menambahkan untuk pelaksanaannya terdapat duta wisata yang berasal dari 10 kabupaten/kota yang ada di Sumbar, seperti Kota Padang, Pariaman dan Payakumbuh.

Sementara tujuh kabupaten lainnya adalah Kabupaten Solok Selatan, Solok, Pasaman Barat, Padangpariaman, Pesisir Selatan, Agam dan Tanah Datar.

Ketua Asosiasi Duta Wisata Indonesia (Adwindo) Padang, Dammara Fajar mengatakan program ini sangat bermanfaat untuk penyebaran informasi terkait pariwisata yang ada di Sumbar.

Untuk Kota Padang sendiri akan menugaskan dua pasang Uda-Uni untuk bertugas dan nantinya akan terbagi pada dua shift.

“Shift pertama akan dimulai dari pukul 08.00 sampai 15.00 WIB, sedangkan shift dua akan bertugas dari pukul 11.00 hingga pukul 18.00 WIB,” katanya.