IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Basi Kakeh Roda Basi


Solok – Kota Solok juga memiliki perlombaan unik. Rencananya, pada 22 Januari 2017 mendatang, Kota Solok akan menggelar lomba pacu mesin bajak dengan mengusung tema “Basi Kakeh Roda Basi”.

Iven ini akan digelar di kawasan Sawah Solok, tepatnya di depan Pengadilan Negeri Solok. Kegiatan Pacu Mesin Bajak yang baru pertama kali digelar di Kota Solok ini diikuti oleh berbagai kelompok tani yang ada di daerah tersebut. Jenis mesin bajak yang dilombakan tersebut terdiri dari mesin bajak jenis Sinka dan mesin bajak jenis Kura-kura.

Tak hanya pacu mesin bajak yang akan menjadi tontonan menarik bagi masyarakat dan wisatawan daerah lain, namun juga akan diramaikan dengan Festival Silek Tuo di sawah, Lomba Pacu Upieh “Pelepah Pinang” bagi anak-anak dan kegiatan anak nagari lainnya.

Kegiatan perdana yang diusung oleh Komunitas Photography Gajah Maharam Kota Solok ini dengan bekerjasama dengan Dinas Pertanian Kota Solok. Tidak cuma iven olahraga unik yang digelar, iven ini juga diisi dengan pelepasan benih belut yang menjadi ikon makanan favorit di Kota Solok.

“Sawah yang ada di Solok selama ini merupakan kebanggaan bagi masyarakat. Bagaimana ke depannya kita menggali potensi lain dari sawah Solok itu sendiri, tidak hanya sebagai areal pertanian tanaman padi,” ungkap Kepala Dinas Pertanian kota Solok, Jefrizal saat dijumpai di Balaikota Solok, Kamis 19 januari 2016.

Selama ini, mesin bajak dikenal oleh masyarakat sebagai alat mesin pertanian yang digunakan untuk mengolah areal pertanian sebagai subtitusi bajak kerbau tradisional yang sudah hilang ditelan zaman. Dengan adanya iven ini, mesin bajak bisa lebih dikenal dan menarik wisatawan domestik dan mancanegara.

(klikpositif)