IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Bus Gratis Untuk Keliling Objek Wisata di Padang

Padang – Bus gratis disediakan bagi wisatawan yang ingin mengunjungi daerah wisata di kota Padang, Sumatera Barat. Hal ini dilakukan Pemerintah Kota Padang sebagai upaya promosi.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Medi Iswandi mengatakan bus ini hanya beroperasi pada Sabtu, Minggu dan hari libur.
“Bus ini hanya beroperasi pada Sabtu dan Minggu serta hari libur, dan gratis dinaiki semua warga dan wisatawan, akhir bulan ini diluncurkan,” kata Medi Iswandi di Padang, Senin (12/3/2018).

Dia juga menyebutkan bus ini hanya terdapat satu unit yang memiliki jadwal keberangkatan dan rute tertentu. Bus ini akan beroperasi sejak pukul 09.06 WIB dan berakhir pada pukul 18.08 WIB dengan sembilan lokasi keberangkatan dan lima kali perputaran setiap hari.

Adapun Setiap putarannya, sembilan lokasi itu mulai dari Lapau Panjang Cimpago Pantai Padang ke Tugu Gempa, depan Museum Adityawarman ke Klenteng kemudian ke Simpang Nipah selanjutnya ke Gunung Padang.

Dari Gunung Padang kemudian ke Pantai Aia Manih melalui Bukit Gado-Gado dan melalui jalur yang sama kembali ke Gunung Padang melalui jembatan Siti Nurbaya.

Kemudian terus menuju ke Pantai Padang lewat Pujasera dan hingga Masjid Raya Sumbar dan rute terakhir dari Masjid Raya Sumbar menuju kembali ke LPC Pantai dan masuk ke putaran selanjutnya.

“Rata-rata satu kali putaran membutuhkan waktu satu setengah jam, ” kata dia.

Bagi wisatawan yang ingin mencoba, tinggal melihat jadwal keberangkatan dan dapat memilih lokasi keberangkatan. Wisatawan dapat bepergian dari satu tempat ke tempat lain menggunakan bus wisata, disamping itu dalam perjalanan akan disuguhkan beragam pemandangan objek wisata.

Beberapa tempat wisata yang dapat dilihat merupakan bagian dari Kawasan Wisata Terpadu Gunung Padang seperti, pantai, bangunan klenteng, Masjid Raya Sumbar, bangunan kota tua, Sungai Batang Arau, Gunung Padang, pelabuhan kecil Muaro dan jalan berliku di Bukit Gado-Gado. Penyediaan transportasi ini bagian dari pengembangan kawasan tersebut.

Uji coba bus ini telah dilaksanakan pada 10 Maret 2018 lalu.

“Banyak hal yang ditawarkan dalam perjalanan busa gratis tersebut dan uji coba telah dilaksanakan, ” tutur Medi.

Di sisi lain, Iskandar (32) salah satu warga pantai Padang menyambut kehadiran bus wisata sebagai terobosan baru pemerintah dalam memperkuat wisata. Dia juga berharap pemerintah tetap konsisten dalam memperkuat pariwisata tersebut. Tidak hanya trasportasi namun juga fasilitas lainnya. (antarasumbar)