IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Kampung Minang Nagari Sumpu Sugguhkan Wisata Kearifan Lokal

Batusangkar – Wisata Kampung Minang yang berada di Nagari Sumpu, Kecamatan Batipuh Selatan, Kabupaten Tanah Datar menyuguhkan wisata berbasis kearifan lokal.

Kamrita selaku Ketua Komunitas Kampung Minang mengatakan pihaknya telah menyiapkan beberapa destinasi serta atraksi budaya untuk dapat dinikmati oleh pengunjung.

“Berkunjung ke Kampung Minang, wisatawan dapat menikmati kearifan lokal masyarakat dalam bentuk wisata budaya serta wisata alam,” katanya

Ia juga menambahkan selain wisata budaya dan wisata alam, pengunjung juga dapat menikmati wisata edukasi, seperti memetik sawo, menanam padi hingga hal berkaitan dengan kuliner.

Bagi tamu yang datang ke daerah tersebut akan diinapkan di homestay rumah gadang.

“Untuk penginapan kami menyediakan penginapan di rumah gadang, sehingga pengunjung dapat merasakan bermalam di rumah tradisional Minang,” kata dia.

Tidak hanya untuk tujuan wisata, akan tetapi juga ada tamu yang berkunjung dalam rangka penelitian, sebab Sumpu terkenal dengan keberadaaan rumah gadang yang sudah berumur cukup tua.

Di sisi lain, Direktur Tourism Development Centre Universitas Andalas Padang, Sari Lenggogeni Ph.D mengatakan pengembangan wisata di Kampung Minang Sumpu harus dipisahkan antara destinasi wisata budaya dan wisata alam.

“Kampung Minang Sumpu sangat cocok sebagai desa wisata yang berbasis kearifan lokal masyarakat dan tidak cocok untuk wisata masal, oleh karena itu dalam pengembangan harus dipisahkan antara wisata budaya dan alamnya,” katanya.

Menurut dia, pengembangan wisata budaya dapat mengacu pada potensi kearifan lokal, berupa tradisi maupun kebiasaan masyarakat

“Pengembangan wisata di daerah tersebut dapat diarahkan pada wisata minat khusus berbasis kearifan lokal,” ujarnya.

Sementara untuk pengembangan wisata alam, Kampung Minang Sumpu memiliki kekuatan dengan keberadaan danau, pebukitan serta sawah.(antarasumbar)