IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Legislator Dorong Masyarakat Bangun Penginapan di Sekitar Objek Wisata

Painan – Ketua DPRD Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Dedi Rahmanto Putra mendorong masyarakat sekitar objek wisata membangun penginapan, agar mereka mendapat manfaat dari kunjungan wisatawan.

“Pemberdayaan masyarakat bisa dilakukan pemerintah setempat dengan memfasilitasi mereka kepada pihak perbankan atau investor untuk membangun beberapa kamar penginapan yang layak disewa oleh wisatawan,” katanya di Painan, Rabu (12/7/17).

Menurutnya upaya tersebut memiliki dua manfaat sekaligus, selain bisa menambah pemasukan ekonomi bagi pemilik kamar juga memudahkan wisatawan mendapat penginapan yang memadai, dekat dan terjangkau dari segi harga.

Untuk mewujudkan ini katanya, pemerintah kabupaten perlu mengarahkan beberapa kegiatan seperti bantuan permodalan dari Badan Amil Zakat Nasional kabupaten, “Corporate Social Responsibility” (CSR) atau pun mengarahkan penderma baik di dalam maupun luar daerah.

Dia menilai saat ini pemerintah kabupaten belum melakukan hal tersebut, baru membuka peluang, selanjutnya menanti masyarakat yang memiliki modal untuk menangkap peluang itu.

“Pada libur lebaran dan tahun baru tidak heran jika semua penginapan di lokasi objek wisata seperti Pantai Carocok Painan penuh dan situasi tersebut merupakan peluang yang harus dimanfaatkan,” kata dia.

Dia menambahkan modal yang diberikan sebenarnya tidak hanya fokus pada pembuatan kamar penginapan, namun jauh dari itu bisa diarahkan untuk membuka usaha hingga kerajinan.

“Saat ini masakan hingga produk kerajinan yang dijual di objek wisata masih monoton, dan belum menunjukkan kekhasan daerah. Ini juga menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah setempat,” katanya lagi.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Pesisir Selatan Zefnihan menyebutkan penginapan merupakan salah satu faktor penting untuk menunjang dunia kepariwisataan.

Namun saat ini katanya, khusus di Kecamatan IV Jurai dan Koto XI Tarusan hanya terdapat 350 kamar penginapan, padahal di daerah itu terdapat objek wisata andalan seperti Pantai Carocok Painan dan Kawasan Mandeh.

“Jika kamar penginapan bertambah tentu lebih baik dan peran serta masyarakat dalam mewujudkan memang sangat kami nanti,” kata Zefnihan. (*)