IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Masuki Tahun ke-6, Tour de Singkarak Diharapkan Lebih Semarak

tourdesingkarak____01

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), 18 Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota di Sumbar, serta PB ISSI, secara resmi meluncurkan Tour de Singkarak (TDS) 2014. Perhelatan akbar TDS ke-6 tahun 2014 akan dilaksanakan pada 7–15 Juni 2014 akan meliputi 9 etape/stage dalam 9 hari pelaksanaan. Partisipasi kabupaten/kota tahun ini mengalami peningkatan menjadi 18 kota dengan bergabungnya Kabupaten Pasaman Barat.

TDS 2014 dikemas menjadi kegiatan yang semakin berkualitas dengan jarak tempuh lebih panjang yaitu 1250 km serta total hadiah pada penyelenggaraan TDS 2014 adalah Rp 1,3 milyar yang merupakan dukungan dari provinsi Sumbar dan 18 kab/ kota yang dilalui. Jumlah peserta yang akan bertanding dalam tur tahun ini adalah sebanyak 20 tim terdiri dari dua Pro-Continental Team, 14 Continental Team/National Team, dan empat Indonesia Team.

Event tahunan paduan olahraga dan pariwisata berskala internasional ini menghadirkan berbagai peningkatan dalam penyelenggaraannya.

Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sekaligus penggagas dan Executive Chairman TDS, Sapta Nirwandar menyatakan bangga bisa menyelenggarakan event olahraga berskala internasional ini, “Dengan rasa bahagia dan bangga saya sampaikan bahwa Kabupaten Padang Pariaman mendapatkan kehormatan sebagai kota Grand Start Tour de Singkarak 2014,” katanya dalam keterangan persnya, Jum`at (9/5).

Lebih jauh disampaikan bahwa yang menjadi suatu keistimewaan pada edisi ke-6 ini adalah pada saat penutupan TDS 2014 di Padang nanti, juga sekaligus akan dilaksanakan launching TDS 2015 yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2015 serta mengumumkan tuan rumah Grand Start Tour de Singkarak 2015.

Sapta kemudian mengajak masyarakat Sumbar dan Indonesia pada umumnya untuk bersama-sama mensukseskan TDS 2014, terutama private sector yaitu korporat dan BUMN untuk berperan aktif dalam pelaksanaan TDS 2014 serta pembangunan sarana, prasarana, dan infrastruktur pariwisata Sumbar.

Sementara, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengatakan, perkembangan pesat yang terjadi di TDS sejak tahun pertama hingga tahun ke-5 pelaksanaan, telah membuahkan banyak dampak positif di berbagai bidang di Sumbar. TDS kini telah menjadi landasan strategis dan sinergis dalam mempromosikan Sumbar ke mancanegara serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.

Sumber : gatra.com –  Sabtu, 10 May 2014 01:51