IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Ngarai Sianok

Bukittinggi – Kelurahan Kayu Kubu Kecamatan Guguk Panjang Kota Bukittinggi-Sumbar, mendadak jadi lokasi paling favorit pecinta selfie, bahkan menjadi salah satu objek populer di media Instagram bagi kalangan pecinta wisata Sumatera Barat.

Sawah-sawah hijau yang jika dilihat dari Taman Panorama Ngarai Sianok, terlihat begitu apik berpadu lekukan dinding terjal Sianok yang sudah terkenal keanggunannya.

Di jalan yang berliku-liku diantara sawah-sawah itu, dan juga para pengunjung bisa selfie. Jalan ini, baru selesai dibangun setahun silam. Panjangnya sekitar 200 meter, dengan lebar 1,85 meter dan dibangun lewat Dana Alokasi Khusus (DAK) Pertanian.

“Sebenarnya, jalan itu dibangun untuk keperluan pertanian. Namun, berimbas ke sektor pariwisata akibat keelokan alamnya,” ucap Ketua RT 07 Ependy AR, Minggu 5 Februari 2017.

Ependi melanjutkan, sejak jalan itu dibangun, kalangan pecinta wisata, mengunggah foto sawah-sawah itu dan menjadi viral.

“Sejak itu, tak terhitung lagi yang datang ke sini, walau dulunya hanya pematang sawah yang sempit dan alami,” ulasnya.

Agar keindahannya tetap serasi, Ependi bahkan menganjurkan agar para petani di sawah-sawah seluas 3,09 hektare itu untuk serentak memulai masa tanam.

Viralnya kawasan ini, berbanding lurus dengan perekonomian setempat. Jika dulunya kawasan ini hanya jadi objek persinggahan bagi wisatawan di Ngarai Sianok maupun Great Wall Koto Gadang, sekarang sudah mendatangkan keuntungan.

Jika ingin mencoba berselfie ria diantara hijaunya hamparan sampah tampak takut kotor, disinilah tempat paling pas.
Gampang untuk mengunjungi kawasan ini, wisatawan tinggal turun ke Kawasan Ngarai Sianok menuju Great Wall Koto Gadang. Tak jauh, kita akan menemui hijaunya persawahan berbalut putihnya pematang yang sudah bercor semen.

Tak perlu ragu, kita hanya akan dipungut biaya parkir saja. Untuk karcis masuk sampai sekarang masih belum dipungut.

(klikpositif)