IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Objek Wisata Air Baru Di Agam

Tilatang Kamang – Bagi yang ingin mengisi waktu libur bersama kelurga dan memilih rekreasi air,di objek wisata Banto Royo saja yang terletak di Kecamatan Tilatang Kamang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat (Sumbar), bisa menjadi pilihan untuk dikunjungi bersama kelurga.

Banto Royo diresmikan pada Minggu (28/10) yang luas area sekitar enam hektare. 80 persen dari luas area itu adalah air. Inisiator Pembangunan Banto Royo, Andi Sahrandi di Tilatang Kamang, mengatakan sebelum menjadi objek wisata area itu awalnya adalah lahan yang tidak terperhatikan berupa semak dan rawa.

Sejak satu tahunan ini ia dan warga di Jorong Kaluang Tapi, Nagari Koto Tangah, Tilatang Kamang bergotong royong untuk membersihkan rawa dan semak tersebut agar lahan bisa bermanfaat untuk masyarakat setempat.

Perlahan-lahan dibangun lah beberapa wahana dan ketika masih dalam tahap pembangunan, warga yang penasaran kerap mampir ke lokasi serta memotret objek-objek yang sedang masih dalam pembangunan.

Ketika Banto Royo belum diresmikan, tetapi sudah mulai ramai dikunjungi karena pengaruh penyebaran informasi di media sosial.
tapi Kini di lokasi sudah terdapat sejumlah wahana bagi pengunjung anak-anak maupun pengunjung dewasa.

Ada beberapa wahana yang tersedia yaitu permainan tantangan khusus dewasa seperti “earthquake walk”, “tarzan swing”, “tresstle walk”, “trick line”, “burma bridges” dan “flying fox”.

Kemudian permainan tantangan khusus anak-anak juga disediakan seperti “mini flying fox”, “spiderweb” dan “slide board”, area bermain anak menyediakan kolam pasir, kolam lumpur, ayunan, perosotan, air mancur dan mandi hujan.

Objek wisata Banto Royo dibangun semenarik mungkin agar menyesuaikan dengan selera beriwisata masyarakat pada masa kini. Terdapat pula jembatan sepanjang 2,5 kilometer yang berfungsi sebagai jalan bagi pengunjung untuk mengelilingi kawasan tersebut.

Bagi pengunjung yang gemar berfoto, Banto Royo juga cocok dikunjungi karena terdapat banyak spot “instagramable”. Selain itu dalam perjalanan menuju lokasi dari Kota Bukittinggi, pengunjung juga disuguhi pemandangan hamparan sawah dan perbukitan.

“Kami berharap Banto Royo dapat diterima masyarakat. Semakin ramainya objek wisata ini tentu menjadi penggerak ekonomi bagi
warga di sekitar,” katanya.