IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Ikan Sakti Sungai Janiah, Agam


Agam – Libur akhir tahun membuat sejumlah objek wisata mengalami peningkatan jumlah kunjungan. Tak terkecuali objek wisata Ikan Sakti Sungai janiah, yang berlokasi di Nagari Tabek Panjang Kecamatan Baso, Kabupaten Agam-Sumbar.

Salah seorang pengurus setempat, Agam Putra (52) mengungkapkan, jumlah kunjungan ke Sungai Janiah mengalami peningkatan yang signifikan.

“Ada tiga kali lipat naiknya,’’ ungkapnya, Rabu 28 Desember 2016.
Kata Agam, peningkatan ini sudah berlangsung sejak hari Minggu 25 Desember 2016 lalu,’’ Sejak saat itu, lumayan. Dalam sehari kita bisa meraih 1,2 juta rupiah, lalu menurun 800 ribu dan selanjutnya sekitar itulah jumlahnya,’’ tambahnya.

Agam Putra melanjutkan, jumlah ini tergolong tinggi sebab di hari Minggu sebelum libur akhir tahun, paling hanya 400 ribu saja yang berhasil didapat.

“Jika tidak libur, contohnya Senin-Jum’at, karcis yang terjual hanya puluhan ribu rupiah saja perharinya. Bahkan pernah hanya 40 ribu saja,’’ terangnya.

Saat ini, untuk memasuki kawasan wisata Ikan Sakti Sungai Janiah pengunjung dikenakan tarif sebesar 3000 untuk dewasa dan 2000 untuk anak kecil.

Salah satunya Hendrianto. Warga asal Ampek Angkek itu mengeluhkan keruhnya air kolam Sungai Janiah yang menurutnya amat jauh dari kata bersih.

“10 tahun silam saya ke sini, airnya amat jernih. Saat kita memberi makan ikan di tepian, dasar kolam bisa kelihatan. Sekarang, keruh sekali,’’ ungkapnya kecewa.