IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Padang Panjang Latih Pemandu Wisata Demi Promosi Potensi Pariwisata

Padang Panjang – Pemerintah Kota Padang Panjang, Sumatera Barat mengadakan pelatihan terpadu untuk meningkatkan sumber daya pemandu agar mereka lebih memahami pariwisata di daerah tersebut. Narasumber pelatihan ini didatangkan dari Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Sumbar, Asita Padang Panjang dan PHRI Padang Panjang.

Indra Gusnady, Plt Sekretaris Daerah Padang Panjang mengatakan pelatihan yang diadakan selama tiga hari itu melibatkan 40 pemandu wisata di daerah dan diadakan di Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDIKM). Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan mereka tentang kekayaan pariwisata kota perlintasan tersebut.

“Bagi suatu daerah, potensi pariwisata dapat dikatakan sebagai tambang emas yang perlu dieksplorasi,” ujarnya.

Karena itu pemandu wisata yang perannya dekat dengan wisatawan perlu meiliki pemahaman mendalam mengenai potensi wisata yang ada di Padang Panjang sehingga mampu menjualnya kepada para wisatawan yang berkunjung.

“Melalui peran pemandu wisata pula kami berharap dapat menciptakan citra pariwisata yang memberikan kesan baik bagi wisatawan sehingga datang berulang kali ke Padang Panjang,” ujar Indra.

Indra juga berharap setelah pelatihan ini ada penerapan langsung oleh pemandu wisata agar mempereleh hasil nyata berupa peningkatan kunjungan wisatawan.

Terpisah Kepala Dinas Pariwisata, Hendri Fauzan menambahkan pariwisata dapat meningkat jika ada kerja sama antara pemerintah dan masyarakat.

“Sebagai bagian dari masyarakat yang berinteraksi langsung dengan wisatawan, pemandu wisata berperan besar membangun kesan baik terhadap daerah. Lewat pelatihan ini kami harap menambah pengetahuan dan pemahaman wisata para pemandu wisata,” katanya.(antarsumbar)