IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Pariaman Jadikan Kawasan Pulau Tangah Wisata Taman Burung

Pariaman – Wakil Wali Kota Pariaman, Sumatera Barat, Genius Umar mengatakan, pemerintah setempat akan menjadikan kawasan Pulau Tangah sebagai objek wisata Taman Burung.

“Pulau Tangah memiliki potensi alam yang menjanjikan dengan hamparan pasir yang indah, sehingga cukup layak dijadikan sebagai objek wisata terbaru,” katanya di Pariaman, Senin (24/04/17).

Dia mengatakan pemerintah daerah telah melakukan beberapa analisa terkait rencana pembukaan objek wisata Pulau Tangah tersebut.

Selain, tambahnya memiliki potensi alam yang eksotis, tingkat kunjungan yang berlebihan tanpa ada pembatasan ke Pulau Angso Duo juga menjadi alasan pembukaan pulau itu.

Pemerintah khawatir tingkat kunjungan yang tidak dibatasi ke Pulau Angso Duo dapat menyebabkan kerusakan pulau itu sehingga perlu dicarikan alternatif destinasi wisata terbaru, ujarnya.

Dia menilai rencana pembuatan taman burung tersebut akan menarik tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional.

Hal itu diutarakannya karena belum ada satupun daerah di provinsi itu yang memiliki konsep taman burung yang terletak di sebuah pulau.

Untuk menunjang rencana pembuatan objek wisata terbaru itu, pemerintah daerah telah mengirimkan bantuan proposal ke Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Kota Pariaman baru saja memperoleh bantuan senilai Rp7 miliar dari Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia guna membangun dermaga di Pulau Tangah agar potensi wisata di pulau itu dapat dimanfaatkan,” ujarnya.

Dia mengatakan dermaga tersebut akan dibangun secepatnya dan dana pembangunannya ditambah pemerintah kota itu sebesar Rp1,5 miliar yang diambil dari anggaran pendapatan dan belanja daerah Kota Pariaman. (*)

(Antara Sumbar)