IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Pemerintah Kota Pariaman Kerahkan Polisi Pariwisata Untuk Layani Pengunjung

Pariaman – Dalam melayani para pengunjung, Pemerintah Kota Pariaman mengerahkan 31 personel polisi. Hal ini juga bentuk dukungan kemajuan sektor pariwisata di daerah tersebut.

Wali Kota Pariaman Mukhlis Rahman mengatakan pihaknya telah menyebar personel polisi di berbagai tempat wisata.

“Polisi pariwisata tersebut ditempatkan di berbagai objek wisata yang ada di Kota Pariaman,” kata Mukhlis di Pariaman, Kamis.

POlisi pariwisata tersebut bertugas memandu wisatawan yang berkunjung dan menegakkan Peraturan Daerah (Perda) di kawasan objek wisata tersebut.

Menurut Mukhlis penerapan itu sejalan dengan visi misi kota Pariaman yaitu menjadikan daerah tujuan wisata, ekonomi kreatif berbasis lingkungan, budaya dan agama.

Dia juga menambahkan,ini merupakan suatu inovasi yang dilakukan pemerintah kota Pariaman dalam memajukan pariwisata dan juga menyiapkan sumber daya manusia yang terampil.

“Pemerintah tidak hanya melakukan pembangunan infrastruktur pariwisata saja, namun kesiapan sumber daya manusia juga harus sejalan,” tambahnya.

Terpisah Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Handrizal mengatakan dengan jumlah 31 personel polisi pariwisata tersebut belum mampu melayani pengunjung yang datang dari berbagai daerah.

“Minimal harus ada 40 personel polisi pariwisata atau lima orang setiap titik untuk melayani dan memandu pengunjung di berbagai objek wisata,” kata dia.

Handrizal juga mengungkapkan polisi pariwisata yang dikerahkan tersebut sudah dibekali kemampuan berbahasa Inggris untuk melayani apabila ada wisatawan dari luar negeri.

“Saat ini memang baru enam orang yang cukup lancar dalam berbahasa Inggris, namun kemampuan itu akan terus ditingkatkan untuk melayani wisatawan asing yang berkunjung ke Pariaman,” ujar dia. (antarasumbar)