IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Pemkab Agam Bangun Wisata Baru di 2018

Lubukbasung – Demi menambah minat wisatawan, Pemerintah Kabupaten Agam, Sumatera Barat membangun objek wisata Seribu Janjang pada tahun 2018 ini.

Jetson, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Agam mengatakan pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp.6 miliar untuk pembangunan onjek wisata Seribu Janjang ini. Adapun dana tersebut diperoleh dari APBD sebesar Rp.3,9 miliar, dan APBD Provinsi Sumbar Rp.2,1 miliar.(13/3/2018)

Ia mengatakan saat ini pembangunan objek wisata Seribu Janjang sedang dalam proses tender di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE).

Tidak hanya objek wisata Seribu Janjang, Pemkab Agam juga berencana melanjutkan pembangunan objek wisata Linggai di Kawasan Danau Maninjau, dimana sudah dialokasikan dana Rp.2,5 miliar pada tahun lalu.

Pembangunan objek wisata ini bertujuan untuk menambah daya tarik wisatawan agar menjadikan pilihan kunjungan berwisata. Dengan keindahan pemandangan dan udara yang sejuk diyakini bisa menarik kunjungan lebih banyak ke daerah itu.

“Kita optimis objek wisata ini bisa menarik ribuan orang setiap tahunnya,” kata Jetson.

Pemkan Agam menargetkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara 546 ribu orang dan wisatawan mancanegara 200 ribu di tahun 2018 ini.

Jetson mengatakan jumlah kunjungan wisatawan ke daerah itu setiap tahunnya mengalami peningkatan. Pada 2017 jumlah kunjungan wisatawan nusantara 633.353 orang, wisatawan mancanegara 19.755 orang. Sedangkan pada 2016 sebanyak 487.213 orang, wisatawan nusantara dan 32.019 orang wisatawan mancanegara. 2015 sebanyak 455.087 orang wisatawan nusantara dan 30.923 wisatawan mancanegara.

Sementara itu anggota DPRD Agam, Fauzi berharap pembangunan objek wisata ini sesuai dengan kontrak kerja. Demi pengawasan, dinas terkait harus menurunkan tim untuk melakukan pengawasan setiap saat ke lapangan dengan tujuan pengerjaan tidak molor dan sesuai harapan.

“Ini harus dilakukan agar pembangunan objek wisata ini sesuai kontrak kerja dan memiliki kualitas yang sangat bagus,” katanya.(antarasumbar)