IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Pemkab Pesisir Selatan Tata Pantai Carocok Secara Keseluruhan

Painan – Objek wisata Pantai Carocok Painan tahun ini mulai di tata secara keseluruhan oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Penataan dilakukan mulai dari pintu masuk, lokasi berdagang dan tempat perparkian.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga setempat, Mawardi Roska di Painan menyebutkan bahwa pedoman pembangunan telah disiapkan dan akan segera disosialisasikan.

“Dinas Pekerjaan Umum telah menyiapkan rencana induk pedoman pembangunan, selanjutnya kami akan menyosialisasikan dokumen itu ke pihak-pihak berkepentingan di sana,” kata Mawardi.

Penataan yang ditargetkan akan selesai pada akhir 2019 ini diharapkan dapat meningkatkan kunjungan ke objek wisata Pantai Carocok yang berada tidak jauh dari ibukota kabupaten itu.

Mawardi menjelaskan, hanya akan ada satu pintu di objek wisata ini dan begitu juga pintu keluarnya. Untuk lokasi berdagang akan dilakukan lokalisasi bagi kios para pedagang dan dibangun taman untuk mempercantik kawasan tersebut. Sehingga wisatawan lebih nyaman untuk bewisata.

Wisatawan akan disuguhkan keindahan laut mulai dari karang serta ikan-ikan kecil, dan juga menikmati berbagai wahana permainan sepeti banana boad, donat boad, dan jetsky.

Bagi wisatawan yang hobi memancing, di tempat wisata ini juga terdapat lokasi-lokasi memancing yang ideal.

“Pro dan kontra dalam pelaksanaannya sudah pasti akan terjadi, namun apapun itu penataan ulang akan menguntungkan semua pihak yang menggantungkan perekonomian di objek wisata Pantai Carocok Painan,” sebutnya.

Karena penataan menjadikan wisatawan lebih nyaman sehingga memberikan dampak meningkatnya kunjungan ke objek wisata yang tidak jauh dari ibukota kabupaten itu, ujarnya.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Pesisir Selatan, Dailipal juga menyebutkan pihaknya juga ikut membantu dan berupaya semaksimal mungkin dalam penataan kawasan ini.

“Apapun itu jika aturannya jelas maka kami akan bekerja maksimal, dan jika komunikasi yang baik terjalin dengan semua pihak saya yakin semuanya berjalan sesuai rencana,” katanya lagi. (antarasumbar)