IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Solok Selatan Lestarikan Budaya Daerah

Padang Aro – Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat bertekad mengangkat kembali budaya daerah secara fisik dengan melestarikan tradisi, seni budaya, dan memperbaiki rumah adat yang sudah rusak.

Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat berupaya melestarikan kembali tradisi, seni budaya, dan merenovasi rumah adat yang sudah rusak. Hal ini dilakukan untuk mengangkat budaya daerah secara fisik.

Bupati Solok Selatan Muzni Zakaria mengatakan upaya pelestarian secara nonfisik sudah dilakukan sekarang saatnya melakukan upaya fisik.

“Secara nonfisik kita sejak lama sudah menyanyikan lagu Minang hingga ke mancanegara, sedangkan yang fisik seperti rumah gadang harus kita sendiri yang memperbaikinya,” kata dia saat pembukaan festival budaya yang dilaksanakan Polres Solok Selatan di Padang Aro, Selasa (13/3).

Upaya Solok Selatan dalam melestarikan budaya lokal ini telah mendapat respon langsung dari Presiden joko Widodo pada acara puncak HPN 9 Februari 2018 di Kota Padang.
Dalam hal ini Presiden langsung mencanangkan revitalisasi kawasan Seribu Rumah Gadang agar lebih bagus dan banyak dikunjungi.

Ia juga berharap kawasan Seribu Rumah Gadang ini bisa menjadi pariwisata utama di Sumbar selain Bukittinggi. Saat ini tinggal bagaimana masyarakat memeliharanya dan jangan dibiarkan saja tetapi harus terus dipromosikan sehingga rumah kebanggaan Minangkabau lebih dikenal lagi. Hal ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Masyarakat sekitar juga harus ikut mempromosikan serta menjaga kebersihan dan tahu apa yang dibutuhkan wisatawan,” katanya.

Dalam mepromosikan kawasan Seribu Rumah Gadang ini, Solok Selatan sudah menyurati Kementrian Pariwisata yang memiliki strategi dan pendanaan yang lebih baik.

Wakil Bupati Solok Selatan Abdul Rahman menambahkan, kekuatan wisata kabupaten itu memang pada wisata budaya, sehingga itu yang ditonjolkan.

“Kita memiliki kekayaan budaya dan ini yang akan kita kemas dalam kalender wisata sehingga dapat meningkatkan kunjungan wisatawan,” ujarnya.(antarasumbar)