IG @ayo.kesumbarFollow Instagram Ayokesumbar

Desa Talawi Mudik

Desa Talawi Mudik merupakan salah satu desa dari 11 desa yang ada di Kecamatan Talawi Sawahlunto.

Desa Talawi Mudik merupakan daerah dataran rendah dengan luas wilayah 876 Ha ini, mempunyai luas sawah 159.877,5 Ha terdiri sawah tadah hujan seluas 106.58 Ha dan sawah irigasi 53,29 Ha, sedangkan tanah kering seluas 716,13 Ha terdiri, Tanah Ladang 556,13 Ha dan tanah pemukiman 160 Ha.

Desa Talawi Mudik sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Tanah datar, Sebelah selatan desa Talawi Hilir, sebelah Barat Kabupaten Solok dan sebelah Timur desa Bukit Gadang.

Menurut Kepala Desa Talawi Mudik, Zulkifli, Desa Talawi Mudik tahun 2011, berhasil keluar sebagai juara lomba desa tingkat Kecamatan Talawi Desa berpenduduk 2.530 jiwa itu dalam penyelenggaraan pemerintahan telah  menyusun program kerja tahunan yang dilaksanakan secara musyawarah dan mufakat yang melibatkan unsure Badan Pemerintahan desa (BPD) Kepala dusun-LPM- PKK dan berbagai unsur lembaga social kemasyarakatan lainnya.

“ Transparansi dan keterbukaan merupakan prinsip utama yang kami kedepan dalam setiap berbagai kegiatan, terutama berkaitan dengan anggaran, pasalnya, dengan adanya keterbukaan tersebut, berbagai penyelenggaraan pemerintahan dapat dilaksanakan dengan sukses dan lancar ujar Kepala Desa Talawi Mudik.

Dikemukakan, Selain prinsip transparansi dikedepan berkaitan masalah anggaran, kinerja pemerintahan desa juga mengutamakan pelayanan prima kepada masyarakat.

“Sebagai aparatur penyelenggara pemerintahan terdepan yang mengemban amanah masyarakat, harus memberikan pelayan yang sebaik-baiknya pula pada masyarakat, sebab, masyarakat itulah yang telah memberikan amanah pada kita,” terang Zulkifli.

Dikemukakan Kepala Desa (Kades), Menyikapi program kerja pemerintahan desa, dan program kecamatan, maka aparaturnya bersama kepala dusun melakukan evaluasi program, 2 kali dalam sebulan yaitu setiap hari Rabu minggu pertama dan minggu ketiga, dimana program evaluasi tersebut disampaikan kepada masyarakat diantaranya disampaikan melalui surat resmi-selebaran, pengumuman di mesjid/mushalla maupun bila ada setiap pertemuan selalu disampaikan hasilnya pada masyarakat.

Menurut Kades, melaksanakan jalannya pemerintahan desa di Talawi Mudik, berbagai sarana/prasarana seperti, Gedung kantor-Posyandu-tanah kas desa-Kenderaan dinas, mesin bajak-komputer-laptop dll dibantu oleh pemerintah kota-dan lembaga-lembaga lainnya seperti PLTU Sijantang, dinkes-Disdik dll.

Pengembangan ekonomi masyarakat desa Talawi Mudik, sejak tahun 2004 lalu telah melakukan penanaman Coklat dan Karet yang mendapat bibit gratis dari pemerintah kota, dimana lahan coklat dan karet awalnya 100 Ha saat ini telah ditingkatkan menjadi 250 Ha, ujar Kades, dan Syukur alhamdullilah program ekonomi kerayatan berjalan dengan sukses, khusus tanaman Karet, desa Talawi Mudik sudah merupakan sentra tanaman karet di- kecamatan Talawi, dimana produksi karet masyarakat mampu memproduksi sekitar 3 ton /minggunya, imbuh kades

Anggaran pendapatan dan pengeluaran desa (APPKD) desa talawi Mudik tahun 2010, meliputi, Rp.188.035.000,- terdiri dari, Pendapatan asli desa Rp.6.035.000,-, Gotong royong masyarakat Rp.2, juta, subsidi pemerintah Rp.180 juta.(*)