Download!Download Point responsive WP Theme for FREE!

10 Surga Tersembunyi di Indonesia liburan yang meyenangkan


Indahnya pesona alam Indonesia memang terbukti tiada duanya. Negara kepulauan ini rupanya menyimpan harta karun berupa surga tersembunyi yang cantiknya tak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Yuk, intip deretan pulau di bawah ini dari berbagai sumber, selasa (27/12/2016).

1. Pulau Cangke, Sulawesi Selatan.

Pulau yang satu ini disebut juga Pulau Cinta karena kisah Daeng Abu dan istrinya Ibu Maidah, yang merawat pulau ini dari tandus hingga serimbun sekarang. Pulau Cangke merupakan salah satu pulau di gugusan Kepulauan Spermonde. Secara geografis, Pulau Cangke termasuk dalam wilayah Kabupaten Pangkajene Kepulauan.

2. Pulau Kotok, Kepulauan Seribu.

Siapa bilang Jakarta tak punya surga tersembunyi? Salah satunya adalah Pulau Kotok yang ada di Kepulauan Seribu. Pulau yang satu ini merupakan salah satu bagian dari sekian banyak pulau di gugusan Kepulauan Seribu.

Pulau Kotok memiliki keindahan berbagai makhluk alam bawah laut dan berbagai aneka terumbu karang sehingga membuat pemandangan alam bawah laut Pulau Kotok menjadi lebih berwarna warni.

3. Pulau Balak, Lampung.

Salah satu surga tersembunyi Indonesia juga ada di Lampung, tepatnya di Pulau Balak. Pulau Balak yang berada dalam Teluk Punduh Pidada memiliki air yang cukup tenang. Kondisi tersebut mempermudah para penyelam menikmati keindahan terumbu karang di sekitar Pulau Balak.

4. Gili Tangkong, Lombok.

Gili Tangkong bisa dikatakan merupakan gili yang masih perawan. Berbeda dengan Gili Air, Gili Nanggu, atau bahkan Gili Trawangan, gili yang satu ini bisa dibilang tak berpenghuni, sehingga cocok banget buat kamu yang ingin ketenangan, dan merasakan pantai pribadi.

5. Pulau Cubadak, Sumatera Barat.

Pulau Cubadak merupakan salah satu dari puluhan pulau kecil yang terletak di lepas pantai Sumatera Barat. Pulau ini bisa dikatakan masih sangat alami. Menurut cerita masyarakat sekitar pulau ini dahulu adalah bekas kawah dengan luas kurang lebih 40 km persegi.

Di pulau ini, kamu bisa menikmati udara yang bersih, semilir angin pantai, dan air laut yang biru jernih. Selain itu, keistimewaan dari pulau ini adalah terdapat beberapa spot menyelam yang sangat sayang untuk dilewatkan.

6. Pulau Banyak, Kepulauan Banyak, Aceh.

Pesisir barat Aceh rupanya menyimpan surga tersembunyi yang luar biasa cantiknya. Salah satunya adalah Pulau Banyak. Tepatnya, Pulau Banyak ini terletak di Aceh Singkil.

Di pulau ini kamu dapat menikmati diving dan snorkeling karena terumbu karang dan keindahan alam bawah laut lainnya masih asli dan belum terjamah tangan-tangan jahil.

7. Nusa Pombo, Maluku.

Nusa Pombo terletak di Kecamatan Salahhutu, Kabupaten Maluku Tengah atau secara geografis berada di antara Pulau Haruku dan Pulau Ambon. Diperlukan waktu sekitar 20 menit dari Kota Ambon untuk mencapai surga tersembunyi ini.

Keindahan pulau ini juga menakjubkan ketika air sedang surut.

8. Pulau Kadidiri, Sulawesi Tengah.

Pulau Kadidiri berlokasi dalam kawasan Taman Nasional Kepulauan Togean, yang terletak di Teluk Tomini, Sulawesi Tengah. Lokasi dari pulau ini sangat jauh dari kota besar. Oleh karena itu, pulau yang satu ini cocok banget buat kalian yang butuh menyendiri, atau membutuhkan tempat tenang.

Pulau Kadidiri sering disebut sebagai pulau perawan dengan keindahan yang tersembunyi. Pulau ini justru lebih banyak dikunjungi oleh wisatawan manca negara dibandingkan wisatawan domestik.

9. Pulau Tabuhan, Banyuwangi.

Pulau Tabuhan ini berlokasi dua kilometer dari tepi pantai terdekat Banyuwangi. Jika ditelusuri jarak dari pusat Kota Banyuwangi ke tepi pantai penyeberangan tersebut sekitar 15 kilometer, bisa ditempuh selama 15 menit perjalanan darat dari Kota Banyuwangi menuju arah utara jurusan Kabupaten Situbondo.

10. Pulau Kapoposan, Selat Makassar.

Pulau Kapoposan merupakan salah satu pulau spermonde yang ada di Selat Makassar. Tepatnya berada dalam wilayah Kecamatan Liukang Tuppabiring, Kabupaten Pangkep, Provinsi Sulawesi Selatan.

Di pulau berpenghuni ini, kamu bakal dijamu dengan pemandangan hamparan pasir putih sekitar pantai, rimbunnya pepohonan serta jernihnya air laut yang membuat kamu bisa menikmati keindahan batu karang tanpa harus menyelam.