Air terjun batu batirai

Kota Padangpanjang, Sumatera Barat menyimpan potensi wisata alam yang belum tergarap maksimal, seperti Goa dan Air Terjun Batu Batirai yang berada di Kelurahan Kampung Manggis Kecamatan Padangpanjang Barat.

Kabag Humas Pemerintah Kota (Pemkot) Padangpanjang Ampera Salim mengatakan, keindahan Goa dan Air Terjun Batu Batirai berpontensi dijadikan lokasi pariwisata baru di bumi Serambi Mekah ini.

“Selain untuk lokasi pariwisata baru, tempat ini juga bisa dikembangkan sebagai sumber ekonomi baru, karena di sana cukup banyak potensi yang tersimpan dan memang belum tergarap maksimal,” jelasnya.

Ampera berharap peran serta ninik mamak dan tokoh masyarakat untuk ikut mendukung pemerintah mengembangkan wilayah yang belum tergarap itu.

“Dari pihak pemerintahan, kita terus berupaya memanfaatkan seluruh potensi yang ada, apalagi daerah tersebut belum tersentuh program pembangunan yang dilaksanakan di kota ini,” ungkapnya.

Dengan sumber air yang cukup, kata Ampera, wilayah Air Terjun Batu Batirai juga bisa dijadikan sebagai sumber air minum, lahan pertanian maupun sebagai tempat pemukiman warga, sehingga untuk mengatasi keterbatasan lahan pemukiman dan pertanian daerah itu bisa dijadikan solusinya.

“Jika sudah menjadi aspirasi masyarakat, tentu pemerintah akan berupaya memenuhinya, apalagi di pusat kota sudah tidak memungkinkan lagi untuk dikembangkan dan kita terus berupaya mencari lahan alternatif lain,” tuturnya.

Ia mengatakan, selain menambah lokasi pariwisata, daerah itu juga akan bisa meningkatkan kunjungan ke Kota Padangpanjang yang nantinya diharapkan bisa menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah yang baru.

“Selama itu, kita baru mengembangkan potensi wisata yang ada seperti Mifan dan Water Park di Kelurahan Silang Bawah, Pemandian Lubuk Mata Kucing di Bukit Surungan dan Masjid Azazi di Kelurahan Sigando, maka dengan adanya lokasi baru diharapkan bisa menjadi peluang pengembangan kota dan masyarakat di masa depan,” katanya.

Ia mengatakan, upaya yang akan dilakukan Pemkot tersebut dalam waktu dekat ekspedisi ke lokasi Gua dan Air Terjun Batu Batirai yang melibatkan seluruh jajaran, termasuk Dinas Pariwisata, Olah Raga (Porbudpar) dan Budaya sebagai leading sektor pengembangan pariwisata di Kota Padangpanjang.

Goa Batu Batirai mudah dijangkau, hanya berjarak sekitar tiga kilometer dari pusat Kota Padangpanjang arah selatan. Saat ini lokasi tersebut butuh sentuhan pembangunan.