Festival Dragon Boat

44dragonAlek besar tahunan Kota Padang, Festival Internasional Dragon Boat berakhir. Tim PODSI Camp Pontianak keluar sebagai Juara Umum. Festival yang digelar selama 3 hari, 12-15 Juli 2012 di Banjir Kanal Komplek GOR H. Agus Salim Padang, ditutup secara resmi Minggu (15/7) oleh Dirjen Kelautan Kementerian Kelautan dan Perikanan, Laksda (Purn) Syahrin Abdurrahmim.
Even ini juga mendapat penghargaan dari Indonesia Book Of Record yang diserahkan oleh Presiden Indonesia Book Of Record Paul Wienarto, Sabtu (14/7) kepada Walikota Padang Fauzi Bahar. Kejuaraan ini memecahkan rekor Indonesia Book of Record karena menyelenggarakan festival dragon boat hingga malam hari.

Penutupan dihadiri Walikota Padang Fauzi Bahar, Wawako Mahyeldi Ansharullah, Sekda Padang Emzalmi, Danlantamal II Padang, Danrem 032 WB, Muspida Prov. Sumbar dan Kota Padang, PB Podsi Budiman Setiawan, Pimpinan SKPD, pejabat sipil dan militer, Ketua Pelaksana H. Ali Basar dan pendukung dana, yaitu dari perbankan dan PT Semen Padang.
Adapun hasil lengkapnya yaitu, untuk 12 antar kesatuan keluar sebagai Juara I, II, III dan IV masing-masing Tim Army Philipine, Marwiltim Surabaya, Dolpin Marinir Jakarta dan Satlintamil Jakarta. Untuk kelas 22 pendayung putra juara I, II, III dan IV yaitu Tim Lams Pontianak, Kabupaten Tebo (Jambi), Marwiltim Surabaya, Dolphin Marinir Jakarta.

Untuk 12 pendayung putri juara I, II, III dan IV yaitu Tim Podsi Sumatera Barat, Papua Barat, Macau Dragon Boat Associatian dan SMAN Olahraga (Pekanbaru, Riau). Untuk 22 pendayung Mix juara I, II, III dan IV, yaitu Papua Barat, Podsi Sumatera Barat, SMAN Olahraga (Pekanbaru, Riau) dan Macau Dragon Boat Association).
Untuk 12 pendayung putra juara I, II, III dan IV yaitu Tim Lamps Pontianak, Podsi Jakarta, Kabupaten Tebo (Jambi) dan Kalimantan Timur. Untuk 12 pendayung mix juara I, II, III dan IV yaitu Podsi Jakrta, Podsi Sumatera Barat, Macau Dragon Boat Association dan SMAN Olahraga (Pekanbaru, Riau).

Sedangkan untuk antar bangsa juara I, II dan III yaitu Tim Combadia NDB Team, Macau Dragon Boat Association, Polisi Malaysia. Kepada para pemenang diberikan piala, medali dan hadiah berupa uang kontan senilai Rp150 juta.
Menteri Kelautan dan Perikanan RI diwakili Dirjen Kelautan Syahrin Abdurrahim memberikan apresiasi kepada Pemko Padang atas penyelenggaraan even ini yang sudah terlaksana sebanyak 10 kali. Ini even besar yang betul- betul memberikan dampak positif, baik bagi perkembangan olahaga dayung, maupun peningkatan ekonomi masyarakat.

Walikota Padang Fauzi Bahar sangat puas dan bangga atas penyelengaraan Festival Internasional Dragon Boat ke-10 tahun ini yang dinilai sangat sukses. Sukses dari jumlah peserta dan penyelenggaraannya hampir tidak ada cacat, semua berjalan mulus. Jumlah peserta luar dan dalam negeri mencapai 45 tim, dengan jumlah pendayung 1.306 orang. Masyarakat sangat antusias menyaksikannya setiap hari, bahkan sampai larut malam.