Etape 2, Pembalap Menuju Danau Singkarak

eEtape kedua Tour de Singkarak akan diikuti 207 pembalap dari 24 negara. Mereka berpacu untuk menempuh jarak 124,5 kilometer dari Payakumbuh menuju Danau Singkarak, Kabupaten Solok, Senin, 3 Juni 2013.

Pada etape ini, pembalap yang tergabung dalam 21 tim itu akan memperebutkan poin tanjakan di dua titik. Di Kilometer 15 di Lubuk Bangku dan Kilometer 65,5 di Koto Gadang.

Adapun untuk perebutan poin sprint di Kilometer 39, tepatnya di jalan utama Payakumbuh, dan di Kilometer 91 Batusangkar.

Para pembalap akan melewati Kelok Sembilan, jembatan layang yang berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota. Penghubung ke Provinsi Riau.

Di etape ini, pembalap akan melewati banyak perbukitan. Mereka juga akan disuguhi keindahan alam di Tanah Datar, seperti bentangan sawah bertingkat. Pembalap akan keluar di Ombilin dan berpacu di sepanjang Danau Singkarak hingga finis.

Salah seorang pembalap asal Putra Perjuangan Bandung, Samai, kemungkinan tidak bisa mengikuti balapan di etape kedua ini. Sebab, ia terjatuh saat berpacu di etape pertama kemarin sehingga mengalami cedera. “Bahunya cedera. Jadi kemungkinan enggak bisa lanjutkan balapan,” ujar Rudy Dwi Januari, Manajer Putra Perjuangan Bandung.

Sementara Bambang Suryadi dari Indonesian National Team bertekad untuk kembali naik podium. “Kita jaga kekompakan tim,” ujarnya.