Etape Pertama, Askari Hossein Sabet 3 Jersey

fPembalap tim Tabriz Petrochemical Cyling, Hossein Askari memenangkan etape pertama sepanjang 104 kilometer Tour de Singkarak 2013. Ia  masuk finis dengan waktu 2:27:15, dengan total 16 poin.

Sementara, Juara Tour de Singkarak 2012 Oscar Pujol Munoz masuk finis pada posisi kedua. Pembalap yang tahun ini membela tim Polygon Sweet Nice, mencatatkan waktu 2:27:15. Pujol mendapatkan 14 poin di etape pertama ini.

Lalu, disusul Alireza Asgarzadeh dari Tabriz Petrochemical Cyling Team. Dengan waktu 1.27.26. Pembalap asal Iran ini mengumpulkan 13 poin.

Etape pertama, dengan jalur Bukittinggi menuju Bonjol Pasaman ini banyak tanjakan dan turunan dengan tikungan tajam. Sebanyak 220 pembalap dari 24 negara melewati dua tanjakan, di kilometer 34 di Nagari Nan Tujuah dan kilometer 69.5 di Muaro Banguang..

KOM pertama diraih Chih Yin Wang dari tim CCN, dengan 5 poin. Disusul rekan setimnya, Fito Prilanji Badko. Posisi ketiga, diraih Hasan Basarahil dari Putra Perjuangan Bandung dengan 2 poin.

“Tanjakannya berat. Setalah tanjakan ada turunan dengan tikungan tajam,” ujar Hasan, pembalap dari Bandung ini.

Hasan mengaku, setelah KOM pertama ban sepedanya bocor. Sehingga tak mampu lagi mengejar lawan yang sudah jauh d depan. “Makanya saya tak dapat KOM kedua,” ujarnya kepada Tempo.

KOM kedua diraih Hoseein Askari. Disusul Alireza Asgharzade dan Sergey Kuzmin dari Polygon Sweet Nice. Askari juga mendapatkan Polkadot Jersey untuk etape pertama ini.

Pada etape ini, intermediate sprint pada kilometer 62 km di Bonjol Equator diraih Hossein Nateghi dari Tabriz Petrochemical Cycling Team. Untuk intermediate kilometer 80,3 diraih Hossein Askari. Pembalap Tabriz ini juga dinobatkan Green Jersey.

Sementara, jersey bergengsi di olahraga ini, Yellow Jersey akan dipakai Hossein Askari pada etape berikutnya. Pembalap asal Iran ini, mencatatkan waktu 2.27.02.

“Etape hari ini sangat baik. Semuanya kompak. Kita bekerjasama. Inilah hasilnya,” ujar Hossein Askari.

Askari mengaku, etape berikutnya akan lebih bekerja keras. “Kita berusa untuk selalu berada di rombongan besar,” ujarnya.

Askari dibayang-bayangi peraih Yelloy Jersey Tour de Singkarak 2012, Oscar Pujol Munoz. Pembalap asal Spanyol ini berada diposisi kedua dengan total waktu, 2.27.09.

Untuk klafikasi pembalap terbaik dari Indonesia, diraih Bambang Suryadi dari Indonesian Team, dengan waktu 2.28.57. Pembalap asal Indonesia ini akan memakai Red and Whte Jersey pada etape selanjutnya. idi Suryadi.

Sementara, klafikasi tim, Tabriz Petrochemical Cycling Team berada diposisi pertama dengan 7.23.58. Disusul Polygon Sweet Nice dengan 7.26.07. Pada posisi ketiga, ada Indonesia National Team dengan total waktu 7.27,49.