Pembalap Australia Tercepat di Tour de Singkarak

ePembalap Australia, Jacob Kauffmann, memenangi etape kedua Tour de Singkarak 2013, Senin, 3 Juni 2013. Pembalap tim Budget Forklist ini, mencapai garis finis dengan waktu 3 jam, 1.05 menit.

Sebanyak 118 pembalap dari 24 negara, pada etape kedua ini berpacu di rute Payakumbuh menuju Danau Singkarak menempuh jarak 124,5 kilometer. Pada 100 meter jelang finis, Jacob dan Karl Evans yang juga rekan setimnya melesat meninggalkan rombongan besar pembalap dengan selisih waktu 47 detik. Posisi ketiga diraih Nur Amirul Fakhruddin Marzuki dari Terengganu Cycling Team, dengan waktu, 3 jam, 1,52 menit.

Sementara, juara etape sebelumnya, Hossein Askari asal Iran tercecer pada posisi 41. Meskipun demikian, pembalap tim Tabriz Petrochemical ini masih mempertahnkan rompi kuning tanda pimpinan sementara lomba. Hossein mengumpulkan waktu total 5 jam, 28,55 menit, dalam dua etape Tour de Singkarak 2013.

Adapun rompi polkadot (tutul-tutul) akan dipakai Amir Kolahdozhagh pada etape berikutnya. Pembalap Tim Tabriz Petrochemical Cycling ini mengumpulkan 14 poin dari dua etape.

Untuk rompi hijau diraih Hossein Mateghi dari Tim Tabriz Petrochemical Cycling. Pembalap asal Iran ini mengumpulkan 11 poin pada dua etape yang sudah dilalui.

“Semua rompi ada di kami. Kami bermain kompak dengan menempatkan pembalap tim kali di peleton pertama,” ujar Hossein Askari.

Pada etape kedua ini, ada dua tanjakan, yang pertama di kilometer 15.5 km di Kelok Sembilan. Tanjakan pertama ini dikuasai Amr Kolahdozhagi dengan 7 poin. Tanjakan kedua, pada kilometer 65.5 di Koto Gadang. Tanjakan kedua kembali dirajai Amir Kolahdozhagi dengan mengumpulkan 7 poin.

Sementara, intermediate sprint pada kilometer 39 di Payakumbuh dimenangi Zamri Mohd Saleh. Pembalap asal Terengganu Cycling Team ini mendapat 3 poin. Intermediate sprint kedua pada etape ini, di kilometer 91 km Batusangkar dikuasai Alez Wohler dari Budget Forklist Team. Pembalap asal Australia ini mengumpulkan 3 poin.

Pembalap nasional yang berada di posisi terdepan etape ini, Abdullah dari tim balap nasional Indonesia dengan waktu 3 jam, 01,53 menit. Disusul rekan setimnya, Cahyadi dengan waktu 3 jam, 01,53 detik.

Namun, untuk klafikasi pembalap terbaik dari Indonesia, kembali diraih Bambang Suryadi dari tim Indonesia, dengan waktu 5.30.50 dalam dua etape ini. Pembalap asal Indonesia ini akan memakai rompi merah putih pada etape selanjutnya. “Kami selalu berombongan. Untuk mempertahankannya,” ujar Bambang.

Pada klafikasi tim, Tabriz Petrochemical Cycling Team berada diposisi pertama dengan total waktu 16.29.37. Disusul Polygon Sweet Nice dengan 16.31.46. Pada posisi ketiga, tim Budget Forklifts, dengan total waktu 16.31.48.