Tour de Singkarak, Pembalap Hadapi Tanjakan Lansek

dSebanyak 108 pembalap dari 24 negara akan berpacu di etape keempat hari ini, Rabu, 5 Juni 2013, dari Sijunjung menuju Pulau Punjung Dharmasraya. Dua peserta pada etape ketiga Padang Panjang-Istano Basa Pagaruyung Batusangkar sudah tersingkir.

Ini merupakan rute baru Tour de Singkarak. Kabupaten Dharmasraya merupakan daerah bagian timur ujung Sumatera Barat. Berbatas dengan Provinsi Jambi. Dikenal dengan pusat kerajaan di Sumatera pada abad 13.

Di Dharmasraya ini, ditemukan Arca Bhairawa. Arca terbesar di Asia Tenggara yang saat ini berada di Museum Nasional Jakarta. Di kawasan yang terletak di pinggir Batang Hari ini, wisatawan bisa melihat sejumlah candi bata peninggalan kerajaan.

Pada etape ini, pembalap akan memulai dari depan kantor DPRD Sijunjung pukul 10.00 WIB. Mereka melintasi jalur Sumatera dengan mengayuh sepanjang 189,5 kilometer. Pembalap yang akan memimpin etape ini adalah Johan Coenen, Kristian Juel, Cheng Wei Lee, dan Salvador. Mereka adalah yang memimpin pada etape ketiga kamarin.

Pada etape ini, pembalap yang tergabung dalam 21 tim itu akan memperebutkan poin tanjakan di satu titik. Yaitu di Kilometer 69 di Sungai Lansek dengan KOM level tiga. Sedangkan untuk perebutan poin sprint di Kilometer 104 Pulau Punjung dan Kilometer 147 Koto Baru. Pemegang Green Jersey saat ini, Hossein Nateghi, mengaku akan berusaha mempertahankannya. Pembalap dari tim Tabriz Petrochemical Cycling ini telah mengumpulkan 12 poin dalam tiga etape.

Rute etape keempat ini akan melewati Pelangki, Muaro Body, Sijunjung, Kampung Baru, Tanah Badantuang, Sinyamu, Tanjuang Gadang dan Tanjung Lolo, serta Sungai Lasek, Kiliranjao Sialang. Lalu, masuk ke kawasan Dharmasraya, Pulau Punjung, Sungai Dareh, Sikabu, Jorong Tararak, Pisang Rebus, Sungai Duo, Koto Bau, Sialang Gaung, Simpang Sialang Gaung, Tarantang, dan Lubuk Piring. Kemudian balik lagi ke Koto Baru, Gunung Medan, Kampung Baru, dan finis di Pulau Punjung.

“Tabriz Petrochemical Cycling Iran dan Differdange Losch, tim yang kami takutkan. Tapi kami akan terus berusaha,” ujar Aiman Cahyadi, peraih Red and White Jersey pada etape tiga lalu.