Surau Latiah dan Makam Syekh Sialahan – Solok

aSurau Latiah dan Makam Syekh Sialahan – Sebagian besar masyarakat minangkabau ini mayoritas beragama islam, meskipun juga ada sebagian warga yang non muslim.

Tahukah anda, bahwa salah satu ulama yang terkenal di wilayah Provinsi Sumatera Barat ini ada seorang ulama yang sangat berjasa karena telah berusaha menyebarkan agama Islam di wilayah sumatera barat ini, tepatnya di kota Solok, beliau adalah Syekh Sialahan. Beliau akhirnya dimakamkan didekat salah satu peninggalannya, yakni Surau Latiah.

Lokasi dan Transportasi

Surau Latiah yang merupakan salah satu surau tua dan amat bersejarah ini berada di Desa KTK, Kecamatan Lubuk Sikarah, kota Solok, Sumatera Barat, Indonesia. Kalau anda ingin bertanya kepada beberapa masyarakat sekitar, anda bisa menanyakan dimanakah letak dari kawasan Ujuang Darek Kapalo Rantau, jika anda sudah sampai di daerah tersebut maka akan mudah bagi anda untuk mencari letak dari Surau Latiah yang juga bersebelahan langsung dengan Makam Syekh Sialahan.

Lokasi dari tempat wisata yang satu ini juga tidak terlalu jauh dari pusat kota solok, mungkin kalau di kira-kira hanya sekitar kurang lebih 6 sampai 7 kilo meter saja dari pusat kota, ya untuk lebih jelasnya lokasi dari Surau Latiah dan Makam Syekh Sialahan tersebut masih di sekitaran Jalan Jenderal Ahmad Yani, Solok.

Akan sangat mudah mencarinya jika anda sudah sampai di Jalan Jenderal Ahmad Yani tersebut, karena anda tinggal memperhatikan jalan di kanan dan kiri anda untuk menemukan petunjuk jalannya saja.

Untuk menuju ke lokasi Surau Latiah dan makam Syekh Sialahan ini, anda bisa menggunakan beberapa pilihan alat transportasi, baik menggunakan kendaran pribadi, ataupun jika anda ingin menggunakan kendaraan umum seperti bus, angkot, ataupun taksi.

Untuk masalah tarif kendaraan, biaya ongkos masing-masing kendaraan umum tersebut relatif murah, untuk bus dan angkot kurang lebih sekitar Rp 2.500*) , serta Rp 5.000*) sampai dengan Rp 10.000*) untuk ojek. Sebenarnya, untuk ojek, bisa anda melakukan tawar menawar sendiri harganya kepada tukang ojek tersebut, biasanya sih, tarif ongkosnya mereka tetapkan berdasarkan jauh-dekat lokasi tujuan anda.

Wisata

Jika anda ingin mengunjungi Surau Latiah ini, maka anda akan sekaligus berkunjung ke Makam Syekh Sialahan, dan jika anda mengunjungi Makam Syekh Sialahan, maka anda juga akan menemukan Surau Latiah. Mau Tau kenapa? Tentu saja, letaknya kan bersebelahan. Akan tetapi, kedua tempat ini amat berhubungan, itulah kenapa warga disini dulu memilih untuk memakamkan beliau disebelah surau yang penuh kenangan akan dirinya ini.

Syekh Sialahan ini sebenarnya hanyalah gelar yang di beri oleh sebagian besar masyarakat solok. Nama asli beliau sebenarnya adalah Husin bin Mahmud. Beliau adalah salah satu ulama yang pertama kali meyiarkan agama islam di Sialahan, tepatnya di Kabupaten Tanah Datar. Setelah berhasil menyiarkan agama islam di Sialahan, beliau berdomisili ke kota Solok, tepatnya di Desa KTK, kecamatan Lubuk Sikarah ini.

Dan pada tahun 1902, akhirnya beliau memutuskan untuk membangun Surau Latiah ini. Surau tersebut juga dibuat dengan model arsitektur Rumah Adat Minang yaitu Rumah gadang, sehingga Surau ini memiliki dua buah gonjong, dulu atapnya masih terbuat dari ijuk, namun sekarang sudah diganti menggunakan seng oleh pemerintah daerah setempat yang ingin melestarikan Surau yang juga termasuk sebagai aset sejarah ini.

Normalnya manusia, pasti memiliki batasan umur, tidak terkecuali siapapun. Begitu pula dengan Syekh Sialahan ini, beliau pada akhirnya wafat pada bulan juli tahun 1917, atau 9 Muharram tahun 1336 kalau di hitung dengan tahun hijriah.

Selain kitab suci Al-qur’an yang selalu dijadikannya pedoman untuk mengaji dan mengajar ilmu, beliau juga mewariskan Surau Latiah ini untuk di urus dan di kelola oleh cucunya, yaitu Sutan bin Regan yang diberi gelar dengan nama Khatib Bandaro.

Sampai sekarangpun, masih banyak sekali warga-warga minang, termasuk juga penduduk setempat yang datang untuk berziarah ke makam beliau, sekalian untuk beribadah di Surau ini. Melihat hal itu, pemerintah daerah setempat memugar, merawat dan menata area lokasi Surau Latiah dan Makam Syekh Sialahan ini, agar bisa lebih membuat nyaman para peziarah dan wisatawan yang berkunjung.

Tips
1. Pakailah pakaian yang sopan dan menutup aurat anda jika berkunjung ke makam ini, dan jangan memakai pakaian ketat, karena jika anda memakai pakaian yang kurang pantas, maka tidak akan di ijinkan masuk ke pekarangan situs Makam Syekh Sialahan yang juga sekalian merupakan tempat atau lokasi dari Surau latiah ini.

2. Patuhilah setiap peraturan dan larangan apa saja yang telah tertera di gerbang masuk Makam Syekh Sialahan dan Surau latiah ini, jangan sekali-kali melanggarnya jika tidak ingin di usir dan pada akhirnya itu akan membuat anda malu sendiri, tentunya hal itu bukan hal yang anda inginkan bukan.

3. Jangan lupa untuk memberi sumbangan kepada pengurus masjid ini, karena mereka hanya hidup dari uang sumbangan masyarakat. Mereka tidak dapat honor meski bertahun-tahun menjaga makam. Ya, hitung-hitung sekalian anda beramal.

Jika anda tertarik untuk berkunjung, anda bisa memilih kota Solok ini sebagai tempat berlibur anda kali ini, tidak perlu memusingkan masalah penginapan, karena ada banyak sekali penginapan disini, dari yang paling murah, lumayan, hingga hotel berbintang.

Anda juga bisa beribadah di Surau Latiah ini sesekali dan juga berkunjung ke Makam Syekh Sialahan yang fenomenal ini sekaligus berlibur ke beberapa tempat wisata yang lainnya lagi. Masih banyak tempat liburan menyenangkan yang menunggu anda di kota Solok ini, jadi jangan lewatkan tempat yang satu ini. Sampai jumpa di kota Solok!

Tags: