KABUPATEN MENTAWAI


Objek dan Daya Tarik Wisata, Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan kabupaten kepulauan yang terletak memanjang dibagian paling barat pulau Sumatera dan dikelilingi oleh Samudera Hindia. Ada 4 kelompok pulau utama yang berpenghuni yaitu Pulau Siberut, Pulau Sipora, Pulau Pagai Utara dan Pulau Pagai Selatan yang dihuni oleh mayoritas masyarakat Suku Mentawai terletak 85-135 km dari Pantai Sumatera Barat. Masyarakat setempat menyebut negeri mereka dengan nama Bumi Sikerei.

Daya tarik wisata, Wisata bahari menjadi andalan utama pariwisata Mentawai dan Pulau Siberut adalah pulau terbesar serta satu-satunya yang memiliki pelayaran reguler dari Padang ke Siberut. Selancar air paling populer di Mentawai dewasa ini. Dengan ketinggian ombak mencapai 4 m dan pecahan gelombang 6 kali banyak diminati peselancar-peselancar dunia dari Australia, Jepang, Amerika, Selandia Baru, dan dalam negeri, Bali dan Sumut.

Ombak yang tinggi pada bulan April-Oktober. Mengingat, pada bulan-bulan tersebut ombak di kepulauan Mentawai mencapai titik puncaknya dan para peselancar bisa memanfaatkannya untuk kegiatan berselancar. Kegiatan berselancar ini berlokasi di 3 kecamatan, diantaranya adalah Kecamatan Siberut Selatan, Kecamatan Sipora dan Kecamatan pagai Utara yaitu di Mentawai, selancar biasanya dilakukan di Pulau Nyangnyang, Karang Majat, Masilok, Botik, dan Mainuk.

Kepulauan Mentawai memiliki 38 titik surfing dengan jenis ombak terindah di dunia, salah satunya ombak macaroni. Ombak di Kepulauan Mentawai oleh berbagai organisasi selancar merupakan terbaik ketiga sejagat setelah Hawaii dan Tahiti. Puncak kunjungan wisatawan ada di bulan Juli dan Agustus.Saat itu ketinggian ombak di Mentawai mencapai 7 meter. Selain cantik, Mentawai juga berperan penting bagi konvertasi.

Jasa penyediaan akomodasi, dalam menunjang kepariwisatawan, di Mentawai sekarang telah banyak berdiri resort-resort yang dikelola oleh orang asing, diantaranya adalah Kandui resort. Disamping itu ekonomi masyarakat di Mentawai juga tumbuh dengan menyediakan Home stay pada tempat-tempat wisata.

Transportasi saat ini, Mentawai dapat diakses melalui Transportasi saat ini, Mentawai dapat diakses melalui dua jalur yaitu jalur laut dengan kapal cepat selama 4 jam atau feri antar pulau selama 10 jam dan jalur udara selama 35 menit dari Bandara Minangkabau ke Bandara Rokot. Selain itu tersedia 46 kapal pesiar mini yang bisa selama berada di Mentawai.