KABUPATEN PESISIR SELATAN

Objek dan Daya tarik wisata, Objek wisata Jembatan akar terletak di kampung Pulut-pulut kecamatan Bayang Utara, terletak 24 km dari Painan dan 65 km dari Padang. Jembatan Akar ini merupakan objek wisata yang sangat unik karena jembatan ini terbentuk dari penyatuan jalinan akar-akar pohon beringin, sehingga membentuk suatu jembatan, dan yang menarik lagi dibawahnya terdapat sungai/batang Bayang.

Olah raga terbang layang di carocok Painan diadakan setiap bulan Juli merupakan agenda event internasional yang diselenggarakan oleh pemda kabupaten Pesisir Selatan. Painan yang berlokasi sekitar 54 km dari Kota Padang merupakan sebuah daerah kawasan pantai dengan pesona pemandangan alam pantainya yang putih dan mempesona lebih alami dibandingkan pantai-pantai yang ada di Bali dan namun belum seluruhnya tergarap optimal.

Kawasan pariwisata Mandeh oleh pemerintah pusat masuk dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS) mewakili kawasan barat Indonesia. Kawasan wisata potensial lainnya Air terjun Bayang Sani, Pantai Carocok, Bukit Langkisau, serta sejumlah objek wiasata sejarah, seperti Pulau Cingkuak (Cengco), Peninggalan Kerajaan Inderapura dan Rumah Gadang Mandeh Rubiah Lunang.

Bila semua potensi pariwisata Pesisir Selatan tersebut dapat dikelola secara profesional tentu akan jadi sumber PAD andalan daerah di masa mendatang. Untuk pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan membuka diri selebar-lebarnya kepada investor yang berminat menanamkan modalnya di daerah ini. Antraksi Wisata, Untuk menarik kunjungan Wisatawan, Kab. Pesisir Selatan menggelar Iven Paralayang setiap tahunnya yang berlokasi di Bukit Langkisau yang menawarkan pemandangan yang sangat indah.

Jasa makanan/minuman, Terdapat rumah-rumah makan di daerah ini yang dikenal dengan makanan laut seperti ikan, rendang lokan (sebangsa kerang hijau) bercengkang hitam dll. Lokan banyak terdapat dimuara sungai Inderapura dengan kedalaman kurang lebih 16 m. Menu utama.

Jasa Penyediaan akomodasi dan biro perjalan, Tersedia fasilitas akomodasi 15 hotel non bintang dan 2 biro perjalanan untuk menunjang keperiwisataan di Kabupaten Pesisir Selatan.