KOTA BUKIT TINGGI

Objek dan Daya Tarik Pariwisata, Jam Gadang yang berdiri megah di pusat kota merupakan ikon kota wisata yang berhawa sejuk ini, disamping itu terdapat objek wisata sejarah seperti Lobang Jepang, Benteng Fort De Kock, Rumah Bung Hatta. Bukittinggi juga merupakan kota tua yang sarat dengan sejarah, salah satunya yang selalu melekat dengan sejarah bangsa adalah Bukittinggi menjadi Ibu Kota Republik pada masa PDRI Desember 1949-Juli 1950.

Objek yang menjadi potensi wisata diantaranya Ngarai Sianok , panorama, panorama Baru, Jenjang 1.000, Kebun Binatang / Taman Kinantan, Museum Budaya / rumah Bagonjong, wisata kuliner di pasar-pasar tradisonal dan Los Lambuang dan Wisata konferensi (MICE) seperti tersedianya fasilitas Balai Sidang Hatta, Audutorium Pustaka Hatta dan Istana Bung Hatta dan beberapa hotel bintang terkemuka di Bukittinggi seperti Hotel The Hills dan Hotel Grand Rocky.

Antraksi Wisata, Iven pacu kuda tiap bulan juli dilaksanakan di Kota Bukittinggi, Merupakan kegiatan wisata dan olah raga trasional yang cukup popular di Sumatera Barat, disamping itu Bukittinggi juga menggelar Baralek Gadang dengan ivennya Silek Sumarak Rumah Gadang yang menampilkan pergelaran seni budaya dan lomba masakan tradisional.

Jasa Makanan/Minuman, Sebagai kota wisata Bukittinggi memiliki fasilitas parawisata lebih lengkap dimana untuk memanjakan lidah wisatawan tersedia tidak kurang dari 17 restoran/rumah makan. Restoran yang menyediakan makanan internasional juga tersedia seperti KFC, Pizza Hut, Texas Fried Chicken dan lain-lain disamping makanan tradisional Bukittinggi antara lain nasi kapau, sanjai.

Jasa Akomodasi dan biro perjalanan, Untuk mendukung sektor pariwisata terdapat fasilitas akomodasi yang memadai dengan 14 hotel bintang dan 40 hotel Non Bintang serta 21 biro perjalana aktif. Bukittinggi ini nantinya akan berperan sebagai “Home Base” kunjungan wisata daerah-daerah lain.

Souvenir, Bukittinngi dilengkapi dengan pasar wisata dan pasar trasional serta toko cendramata menawarkan aneka hasil kerajinan tradisional yang menarik bagi wisatawan, seperti berbagai sulaman, bordiran, pernak pernik khas daerah.