KOTA PADANG

Objek dan Daya tarik wisata, Beberapa objek wisata yang ramai dikunjungi oleh wisatawan terutama pada musim libur antara lain Pantai Aie Manih dengan replika Kapal Malin Kundang, Pantai Padang, Jembatan Siti Nurbaya dengan Kawasan Padang Kota Lama, Museum Adityawarman, Pantai Bungus, Pantai Pasir Jambak. Atraksi Wisata, Salah satu iven yang berskala internasional digelar oleh Pemko Padang yaitu Festival Dragon Boat di Banda Bekali Padang. Selain itu rutin setiap tahun digelar seni dan budaya Minangkabau yang dikemas dalam bentuk Festival Siti Nurbaya yang juga menampilkan pawai bendi, maarak jamba, festival randai, malamang, lomba lagu Minang, Lomba Manggiliang lado(menggiling cabe) dll.

Jsa makanan/minuman, sebagai ibu kota propinsi, Kota Padang merupakan pintu masuk menuju Sumatera Barat bagi wisatawan yang melanjutkan perjalanan kedestinasi lainnya. Berbagai macam kuliner tradisional dan internasional bisa dinikmati oleh wisatawan. Waralaba internasional pun ada di sini, Pizza Hut, KFC, Texas, California FC, Read Bean, Mc, Donald, Haus Tee dan lainnya.

Jasa penyediaan akomodasi dan biro perjalanan, Kota Padang menyediakan fasilitas akomodasi usaha pariwisata dengan 28 buah hotel berbintang dan 22 unit hotel kelas melati serta 150 biro perjalanan aktif yang sudah tergabung sebagai anggota DPD ASITA Sumbar.

Souvenir, Unit yang mendapatkan buah tangan dari ranah minang + 10 toko cendera mata dapat dikunjungi wisatawan yang menjajakan aneka kerajinan khas Sumbar dan makanan tradisional.

Objek dan Daya Tarik Wisata, Kabupaten Tanah Datar yang dikenal dengan nama Luhak nan Tuo masih banyak menyimpan peninggalan jaman Adityawarman antara lain Istana Basa Pagaruyuang, Istano Silinduang Bulan, prasasti Batu Basurek, Batu Batikam, Balairung Sari, Puncak Pato dan Kawasan agro wisata Koto Baru. Atraksi Wisata, jika di Madura ada karapan sapi, di Batusangkar ada Pacu Jawi. Hal unik lain dari lomba ini adalah hanya satu pasang sapi yang di lepaskan di sawah bersama jokinya. Sang joki berdiri di atas bajak yang berada di antara dua sapi. Sang joki menggunakan ekor sapi sebagai pengontrolnya. Ketika ingin menambah kecepatan, sang joki mengigit ekor si sapi. Pemenang dari perlombaan itu adalah yang bisa mengendalikan sapinya dalam garis lurus dari awal hingga ke garis finish. Atraksi lainnya Lukah gilo, alu katentong dan lainnya.

Jasa makanan/minuman, Berbagai menu makanan khas Batusangkar akan menggugah selera wisatawan untuk menikmati makanan yang di sediakan oleh rumah makan di Batusangkar antara lain RM Aie Badarun, RM Sambalado, Pondok Flora. Penganan khas Batusangkar yang sangat digemari adalah lamang tapai, dadiah, Bika Lintau.

Jasa Penyediaan akomodasi dan biro perjalanan, Fasilitas akomodasi pariwisata yang ada antara antara lain 1 unit hotel bintang dan 6 unit hotel kelas melati.

Souvenir, Pandai Sikek terkenal dengan keindahan alamnya dan desa ini terkenal dengan penghasil souvenir dan cendramata yaitu “Tenunan dan Ukiran Pandai Sikek”. Terletak Nagari Pandai Sikek Kecamatan x Koto, Sekitar 40 Km dari Kota Batusangkar.