Parekraf Sumbar Minta Mentawai Tingkatkan Pengelolaan Wisata


PADANG – Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sumbar mengadakan workshop peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) Pariwisata untuk Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Siberut dan sekitarnya, di Hotel Grand Inna Muara Padang, Selasa (1/11/2016).

Plt. Kadis Parekraf Sumbar, Drs. Didit. P. Santoso, M.Si mengatakan Tiap daerah menyimpan banyak potensi pariwisatanya termasuk Mentawai, Mentawai mengukuhkan diri sebagai wisata minat khusus surfing, pengelolaaan destinasinya perlu terus dijaga dan dikembangkan sesuai dengan potensi yang dimiliki agar turis nyaman berkunjung ke Mentawai.

Didit mengimbau setiap kabupaten kota berbenah agar keindahan alamnya bisa dinikmati wisata lokal maupun internasional. Jikalau, tingkat kunjungan wisatan sudah meningkatkan, otomatis perekonomian masyarakat pun ikut naik.

“Membangun pariwisata tidak hanya tugas dari dinas pariwisata saja. Melain instansi lain pun ikut terlibat, seperti dinas
perhubungan untuk perbaikan, akses ke lokasi tersebut dan Dinas Kebersihan dan Tata Ruang Kota turut andil memajukan pariwisata Sumbar,” jelasnya.

Terkait dengan perubahan nomenklatur Dinas Parekraf menjadi pariwisata Sumbar, Pariwisata sejatinya tidak bisa lepas dari ekonomi kretaif karena hal ini sudah melekat karena ruhnyapriwisata ada di ekonomi kretaif begitu juga sebaliknya cuman tidak dibunyikan di nomenklatur, yang mulai diberlakukan pada 1 Januari 2017 mendatang.

Tags: