Komunitas Anak-Anak Minang Jabodetabek Akan Menggelar Festival Jajanan Minang 2016


PADANG – Minangkabau selain dikenal dengan adat dan budayanya, juga dikenal dengan kulinernya yang diakui oleh dunia. Kelezatannya baru saja mendapat sanjungan dari Kvitland, seorang musisi Norwegia, lewat dirilisnya lagu ‘Nasi Padang’. Pengakuan lain juga pernah didapatkan dari Raja Saudia Arabia, yang mengangkat H. Syamsuddin asal Bukittinggi, Sumatera Barat, menjadi juru masaknya.

Berkenaan dengan ini, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek ingin mengenalkan bahwa Minangkabau juga memiliki jajanan yang lezat, dengan mengadakan Festival Jajanan Minang 2016 (FJM 2016), yang akan digelar mulai pukul 09.00 WIB s.d 21.00 WIB, pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 10 dan 11 Desember 2016. Acara berlokasi di Taman Lapangan Banteng, Jalan Lapangan Banteng Selatan, Pasar Baru – Jakarta Pusat, DKI Jakarta.

“Pastikan kita menjadi bagian dalam Festival ini, ajak dunsanak kasadonyo, ajak pecinta kuliner Minang,” kata Bobi Arianto, Founder Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek.

FJM 2016 yang akan digelar oleh Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek ini berawal dari inisiatif Bobi Arianto, di saat acara Buka Bersama pada bulan Ramadan 2016 lalu. Melihat tingginya semangat para perantau Minang di Jabodetabek, dan rasa cinta mereka pada Ranah Minang, akhirnya memperkuat keyakinan Bobi Arianto untuk menggelarnya.

“Festival Jajanan Minang 2016 (FJM 2016) siap memanjakan lidah Anda dengan segala makanan khas Minang, kehadiran Anda juga akan dimanjakan oleh hiburan bernuansa Minang. Puluhan stand jajanan Minang dengan ornamen khas Minang akan mengobati kerinduan Dunsanak pada Ranah Minang,” kata Ghea Mirrela, Co-Founder Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek.

Selain mengenalkan jajanan Minang, acara ini nanti juga akan menampilkan tari tradisi Minangkabau, lagu tradisi Minangkabau, Randai, Tambua Tansa, KIM dan hiburan dari artis-artis Minangkabau.

Pada tanggal 29 Oktober 2016 lalu, Komunitas Anak-Anak Minang – Jabodetabek juga sukses menggelar event “Malam Apresiasi Tokoh Inspirasi Minang” yang diliput oleh TVRI dan TV ONE. Acaranya makin meriah dengan kehadiran bundo Elly Kasim. Bertepatan dengan semangat Sumpah Pemuda, acara ini juga berisi pemberian apresiasi kepada para Tokoh Minang dari berbagai kategori. Dan juga ada aksi penggalangan dana pembangunan untuk MDA – Pondok Sasak, Kabupaten Pasaman Barat. Alhamdulillah, kegiatan ini diapresiasi penuh oleh Alfatih Timur, Founder kitabisa.com.

“Dengan penyelenggaraan Festival Jajanan Minang 2016 ini kita juga berharap, semoga para perantau asal Minangkabau jadi semakin tahu dengan Komunitas Anak-Anak Minang, agar dapat ikut berperan aktif, demi memajukan komunitas kita ini, yang berorientasi untuk meningkatkan kepedulian terhadap Minangkabau, serta menjaga budaya Minang, meski kita hidup di rantau,” kata Ghea Mirrela yang juga adalah seorang penulis novel.