Lima Jenis Ikan Asli Danau Maninjau ini Dibudidayakan


AGAM – Rabu (16/11/2016) Lima jenis ikan asli Danau Maninjau dengan jenis ikan gariang, asang, gupareh, bada dan rinuak akan dibudidayakan di penangkaran dan dilepaskan setelah besar agar tidak habis dan punah nantinya.

“Ini kita lakukan agar kelima jenis ikan asli yang berada di Danau Maninjau ini tidak punah,” kata Peneliti Pratama UPT Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI Agam Sutrisno di Lubuk Basung.

Ia menjelaskan, budidaya ikan asli Danau Maninjau ini telah lakukan beberapa tahun yang lalu. Jika ikan yang dibudidaya ini telah besar akan dilepas ke Danau Maninjau.

“Saat ini ikan asli danau yang sulit ditemukan yakni, betok, sidat, cide-cide dan lainnya,” katanya.

Saat ini jumlah ikan gariang sebanyak 30 ekor berupa induk, asang sebanyak 50.000 ekor berupa induk dan anak, bada sebanyak 200.000 ekor induk dan anak, gupareh sebanyak 300 ekor berupa induk, rinuak ratusan ekor berupa induk.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Agam Ermanto, menambahkan, menyambut baik apa yang telah dilakukan UPT Loka Alih Teknologi Penyehatan Danau LIPI untuk mengembangkan budidaya ikan asli danau.