PKDP Sumbar Segera Dikukuhkan


PADANG – Dalam Pengurus Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Sumbar telah terbentuk dan sudah di SK-kan oleh Dewan Pimpinan Pusat. Kepengurusan itu siap bekerja dan dikukuhkan pada 17 Desember mendatang.tidak sekedar pelantikan, hari itu Rang Piaman yang berdomisili di Padang siap “baralek gadang”.

“Pelantikan DPW Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Sumbar juga dikolaborasikan dengan Baralek Gadang Rang Piaman di Padang,” ujar Ketua Panitia Pelantikan dan Baralek Gadang Yohanes Wempi kepada wartawan, Rabu 23 November 2016 di Padang.

Yohanes Wempi didampingi Sekretaris Panitia, Hary Efendi mengatakan, alek gadang ini akan diisi dengan silaturahmi dan budaya Piaman. “Undangan yang datang nantinya akan disuguhkan seni tradisi budaya Piaman yang selama ini hanya disaksikan di Pariaman saja,” ujar Hary.

Terpenting sekali, kata Yohanes, baralek gadang yang akan digelar ini juga untuk memperkukuh persatuan dan kesatuan orang Pariaman di rantau. “Bersatu dan merasa senasib sesama rang piaman di rantau sekaligus mempererat silaturahmi dan membangun kampung halaman,” ujar Yohanes.

Ditambahkan Hary Efendi, acara tersebut nantinya akan dipusatkan di Gedung Rohana Kudus yang diawali dengan kirab budaya Piaman oleh PKDP Sumbar yang dimulai dari rumah warga yang berasal dari Pariaman. Kirab budaya ini akan menampilkan kesenian tradisional asal Piaman, mulai dari indang, tambua tasa, tari piring lalu hiburan musik dan hiburan kim.

Selain itu, pelantikan dan alek gadang Rang Piaman di kota Padang juga dihadiri tokoh Nasional seperti menteri dan anggota DPR RI. Sebut saja, Menpan RB Asman Abnur, Wamen SDM Archandra Tahar, anggota DPR RI Hermanto dan Refrizal, Jon Kenedi Aziz, Bupati Ali Mukhni dan Walikota Pariaman Mukhlis Rahman serta anggota DPRD Sumbar asal Piaman.