Wawako Pariaman Genius Umar Bagala Rang Kayo Rajo Gandam


Pariaman – Wakil Walikota Pariaman Genius Umar adakan prosesi “batagak gala” suku Mandahiliang di Desa Pauh Timur Korong Kampung Sato, pada Selasa (20/12/2016).

Prosesi pengukuhan gala/gelar kepala suku Mandahiliang kepada salah seorang anggota kaum mereka yang juga Wakil walikota pariaman Genius Umar di hadiri dan di saksikan langsung oleh Walikota Pariaman Mukhlis Rahman, Kepala SKPD, Camat, Lurah/Kades, Kepala Sekolah dan jajaran ASN di lingkup Kota Pariaman.

Pengukuhan dan pengesahan gala/gelar adat pada Genius Umar diproses terlebih dahulu melalui kaumnya Suku Mandahiliang setelah dipercaya untuk dapat menjalankan amanah dan tampuk kepemimpinan di dalam sukunya, kemudian dilanjutkan ke niniak mamak untuk bermufakat, setelah bulat kata barulah gelar bisa dikukuhkan melalui prosesi acara khusus batagak gala, yang di hadiri oleh niniak mamak dan LKAAM VII Aia Pampan.

“Jadi pada tgl 25-12-2016 Pemko Pariaman akan menggelar ivent wisata malewakan gala, nah momen penting inilah yang dimanfaatkan oleh setiap suku untuk berkumpul dan mencari salah seorang dari kaumnya untuk diberi gala/gelar adat,” sebut Genius usai pengukuhan gala/gelar.

Ia juga mengatakan, dengan adanya ivent wisata malewakan gala, selama 2 bulan terakhir Genius melihat kekompakan dan kebersamaan kembali muncul pada setiap kaum, meskipun hanya mencari seorang kandidat untuk disandangkan gelar dipundaknya.

“Melalui pengukuhan gala ini, Kami dari suku Mandahiliang yang bergelar Rang Kayo Rajo Gandam memiliki visi, untuk menyatukan kembali anak kemenakan dan mengangkat batang tarandam,” kata Genius.

Tujuan pertama adalah lanjutnya, bidang pendidikan bagaimana anak dan kemanakannya tidak ada yang putus sekolah, kemudian kualitas sekolah harus selalu diperbaiki.

“Dari sisi ekonomi mereka ini harus bekerja keras, memaksimalkan waktu sebaik mungkin dengan tujuan, untuk meningkatkan produktifitas mereka, sehingga ekonominya akan bergerak dan mengurangi kemiskinan,” ulas orang yang bagala rang kayo rajo gandam ini.