Museum Adityawarman Targetkan 10 Ribu Koleksi pada Tahun 2025


Padang – Museum Adityawarman Sumatera Barat (Sumbar) memiliki koleksi terdiri dari 10 kategori dengan 6.149 koleksi. Dari semua kategori yang ada, kategori etnografika adalah yang paling dominan.

Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Museum Adityawarman, Noviyanti mengatakan, koleksi etnografika merupakan koleksi yang terdiri dari berbagai hasil warisan budaya dari suatu etnis. Koleksi ini berjumlah 4.458 koleksi.

Banyaknya jumlah koleksi ini diperkirakan karena Sumbar yang terkenal dengan budayanya, salah satunya adalah dengan keberagaman tenunan pada tiap-tiap daerah.

“Pada 2014 lalu kami juga mendapat hibah sebuah kain tenun berupa songket yang telah berumur cukup tua dari pak Zulkifli,” katanya.

Setelah koleksi etnografi, koleksi terbanyak kedua adalah kategori keramologika atau koleksi yang dibuat dari bahan tanah liat bakar dengan jumlah 769 koleksi. Berturut-turut diikuti kategori numismatika atau alat tukar yang sah dengan jumlah 440 koleksi.

Selanjutnya kategori seni rupa (144), kategori arkeologika (100), kategori filologia atau naskah kuno (81), kategori historika dan teknologika masing-masing berjumlah 69 koleksi.

Selanjutnya kategori geologika atau koleksi yang merupakan objek disiplin ilmu geologi seperti batuan dengan jumlah 36 koleksi dan terakhir kategori biologika atau koleksi yang menjadi objek penelitian disiplin ilmu biologi dengan jumlah 31 koleksi.