Pasa Harau Art and Culture Festival Wakili Sumbar


Payakumbuh – Dalam festival Pasa Harau Art and Culture Festival mewakili Sumbar di Festival Indonesia. Dewan Pasa Harau Art and Culture Festival Iyut Fitra menyebut, festival ini menjadi satu-satunya festival dari Sumbar yang masuk dalam Festival Indonesia.

“Nantinya kemungkinan kita akan promosi dan presentasi Pasa Harau Art and Culture Festival kepada orang di Kemenpar. Kegiatan ini berlangsung sejak tanggal 26 hingga 29 Januari mendatang,” ujar Iyut Fitra saat ditemui di Komunitas Seni Intro Payakumbuh, Selasa 24 Januari 2017.

Iyut menjelaskan, Pasa Harau Art and Culture Festival sendiri merupakan salah salah satu festival yang digelar pada September 2016 lalu. Dalam iven ini dikatakan Iyut, terdapat beberapa pertunjukkan seni budaya seperti Silek Lanyah, Randai, Tari Piriang di Ateh Kaco, Festival Layang-layang, Pacu Anjing, dan penampilan lainnya.

“Ide ini berawal dari diskusi teman-teman di Jogja seperti Dede Pramayoza Direktur Festival Pasa Harau, Direktur Festival Dieng, Ketua Yayasan Umar Kayyam sehingga akhirnya terbentuklah gagasan membuat Festival Pasa Harau ini,” ujar Iyut Fitra sambil menyebutkan nama Ijot Goblin, Yusra Maiza, Gus tf Sakai sebagai Dewan Pasa Harau.

Iyut menilai bahwa terpilihnya Pasa Harau Art and Festival ini dikarena iven perdana yang pada akhir tahun lalu digelar dan menghadirkan perwakilan dari Kemenpar RI dan Dinas Pariwisata Sumbar.

(klikpositif)