Pemprov Sumbar Kembangkan Potensi Wisata Budaya dan Sejarah


Padang – Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit, Sumbar memiliki banyak budaya dan situs peradaban yang bisa dijadikan alternatif untuk mendongkrak dunia pariwisata di Sumbar.

“Sumbar banyak memiliki situs-situs budaya yang dapat menjadi referensi wisatawan untuk berwisata di sini (Sumbar), diantaranya Istana Pagaruyung di Tanah Datar, bahkan di Dharmasraya memiliki percandian Padang Roco,” ujarnya.

Wagub berharap peran Dinas Kebudayaan lebih besar dalam pengembangan wisata budaya ini, karena diyakini akan menjadi magnet baru bagi kunjungan wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

kata Nasrul Abit, tidak hanya tentang situs budaya bersejarah, wisata budaya bisa juga diperkenalkan dengan beberapa kesenian dengan adanya iven-iven tertentu di kabupaten dan kota di Sumbar, seperti Randai, Silek (Silat) serta Tabuik dan yang lainnya.

“Kami saat ini tengah menyusun kalender iven dengan kabupaten dan kota yang ada di Sumbar,” katanya.
Tujuan diadakan kalender iven ini supaya setiap kabupaten dan kota yang ada di Sumbar dapat menampilkan iven yang khas di masing-masing daerahnya.

“Kemungkinan kalender iven ini akan terealisasi pada 2018. Namun tidak menutup kemungkinan ada juga beberapa daerah yang sudah menyusun kalender iven di daerahnya, seperti Tabuik di Pariaman, dan yang lainnya,” pungkasnya

(klikpositif)