Kabupaten Limapuluh Kota

Objek dan Daya Tarik Wisata, Kawasan Lembah Harau merupakan kawasan wisata unggulan kab. 50 Kota yang terdiri dari 3 (tiga) kawasan : Resort Aka Barayu, Resort Sarasah Bunta, dan Resort Rimbo Piobang. Pada kawasan Lembah Harau yang mempunyai luas 270,5 hektar juga terdapat Taman kupu-kupu (Butterly garden).

Objek wisata lainnya adalah kelok 9, dikenal karena rute jalan dengan sembilan tikungan tajam dan panorama yang indah serta dikelilingi kawasan hutan lindung. Jalan ini dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda pada tahun 1932. Untuk meningkatkan akses antar provinsi Sumatera Barat – Riau dan daya tarik wiasata, saat ini telah dan sedang dibangun jembatan layang (fly over), serta sarana pendukung wisata lainya seperti rest area dan pusat oleh-oleh sehingga para wisatawan dapat menikmati panorama kawasan secara utuh.

Daya Tarik Wisata, Potang Balimau yang menjadi calendar iven parawisata merupakan tradisi yang dikenal sebagai mandi berlimau oleh masyarakat 50 Kota dilaksanakan dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan. selain itu antraksi wisata yang paling unik di daerah ini yaitu Pacu Itiak Terbang. Hal yang paling unik dari lomba ini adalah bahwa lomba ini dilakukan di udara, lintasan lombanya dan panjang dari wilayah terbang adalah 800 m, 1600 m, dan 2000 m. Pemenang lomba adalah itik yang bisa terbang dan mencapai garis finis paling awal.

Jasa Makanan dan Minuman, Dapat ditemui 6 rumah makan di Payakumbu/Kab. 50 Kota yang menyajikan masakan khas Minang. Penganan seperti Galamai (dodol), Batiah, Bareh Randang (Beras Rendang) sebagai makanan khas daerah ini dapat ditemui di pasar-pasar tradisional dan toko oleh-oleh di daerah yang dikunjungi

Jasa Penyediaan Akomodasi dan biro perjalanan, Untuk mendukung keparawisataan, di Kabupaten 50 Kota dan Kota Payakumbuh telah tersedia akomodasi hotel non bintang 12 unit dan 6 biro perjalanan.