Destinasi dan Kuliner Terbaik di First Finish Tour de Singkarak 2019

Tanah Datar, Sumatera Barat akan menjadi lokasi finish pertama Tour de Singkarak 2019. Selain para pebalap, masyarakat akan memenuhi daerah tersebut.

Bukan hanya untuk menyaksikan lomba bersepeda, malainkan juga menikmati berbagai destinasi wisata dan kuliner di Tanah Datar.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata yang bisa anda kunjungi di Tanah Datar:

1. Istana Pagaruyung

Istano Basa Pagaruyung atau yang lebih dikenal dengan sebutan Istana Pagaruyung sudah tidak asing lagi bagi wisatawan yang sudah menjejakkan kakinya di Sumatera Barat. Tempat ini adalah salah satu daya tarik kabupaten ini. Lokasi ini akan menjadi grand finish TdS. Berbagai keindahan dan keunikan serta artefak kebudayaan Minangkabau akan anda nikmati di istana ini. Destinasi budaya yang berbentuk Rumah Gadang ini dahulunya adalah sebuah kerajaan besar di Minangkabau.

2. Nagari Tuo Pariangan

Nagari Tuo Pariangan atau Nagari Pariangan merupakan salah satu desa yang dinobatkan sebagai yang terindah di dunia versi Budget Travel pada 23 Februari 2012 silam. Desa ini memiliki pemandangan alam yang luar biasa, seperti sawah yang menghijau, udara yang sejuk serta pemandangan Gunung Merapi.

Nagari Pariangan memiliki adat istiadat dan kebudayaan yang masih kuat di tengah masyarakat. Arsitektur bangunan di desa ini masih tetap dipertahankan hingga saat ini. Yang tidak kalah lagi adalah keramahan penduduk di sini akan membuat wisatawan yang berkunjung merasa nyaman dan senang.

3. Panorama Tabek Patah

Panorama Tabek Patah ini terletak di pinggang Gunung Marapi. Kawasan ini terletak di jalur utama Batusangkar – Bukittinggi. Lokasi ini merupakan salah satu tempat favorit yang banyak dikunjungi, apalagi waktu libur lebaran tiba. Pohon pinus, udara yang segar serta pemandangan pegunungan yang akan membuat anda bertah berlama-lama di tempat ini.

4. Masjid Raya Rao-Rao

Masjid Raya Rao-Rao merupakan sebuah tempat ibadah yang terletak di Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar. Masjid ini memiliki keindahan yang sangat menawan dari segi arsitektur bangunan. Masjid ini masih aktif digunakan untuk beribadah oleh penduduk setempat. Arsitektur masjid ini memadukan corak arsitektur tiga bangsa, yakni Melayu (Minangkabau), Eropa dan Timur Tengah.

5. Air Terjun Lembah Anai

Air Terjun Lembah Anai merupakan salah satu air terjun yang sudah menjadi ikon wisata Sumatera Barat. Air terjun ini sanangat ramai dikunjungi apalagi ketika waktu libur tiba. Air terjun ini memiliki panorama alam yang akan memanjakan setiap pengunjung. Bukit-bukit hijau di kaki Gunung Singgalang menjadi salah satu daya tarik tempat ini.

Selain menikmati tempat wisata di Tanah Datar ketika mengunjungi Tour de Singkarak, ada juga beberapa rekomendasi kuliner khas daerah ini yang bisa anda nikmati sembari menyaksikan lomba balapan sepeda internasional itu.

1. Kopi Kawa Daun

Kopi Kawa Daun atu juga disebut dengan Kopi Kawa adalah minuman khas Kabupaten Tanah Datar. Kopi ini terbuat dari daun kopi yang dikeringkan kemudian direbus. Kopi ini memiliki rasa yang enak dan berkhasiat untuk menghangatkan tubuh.

2. Nasi Padeh

Nasi Padeh merupakan kuliner khas Kecamatan Pariangan, Tanah Datar. Menu ini memiliki rasa pedas sesuai dengan namanya. Sekilas ‘nasi padeh’ ini terlihat seperti nasi goreng pada umumnya, sebab bahan utamanya adalah nasi. Nasi Padeh diolah dengan cara diaduk ketika nasi sedang panas. Parutan kelapa, garam, irisan daun kunyit dan surian, daun kinjuang, cabai kering dan sudah dihaluskan, lengkuas dan ikan maco. Semua bahan ini diaduk ketika nasi sedang dalam keadaan panas serta dicampuri daun-daun.

3. Dadiah

Dadiah adalah makanan yang terbuat dari susu kerbau yang sudah divermentasi dalam potongan bambu. Dadiah dinikmati dengan sajian ampiang dan enau (aren) rasa enak dan gurih akan menjinakkan lidah anda.

4. Bika

Bika merupakan salah satu kuliner khas Tanah Datar. Kue ini memiliki rasa dan aroma yang menggugah selera. Bika ini bisa anda temukan di daerah Koto Baru, Tanah Datar.

5. Rendang Baluik

Rendang baluik memiliki rasa yang gurih dan nikmat. Kuliner ini hanya bisa anda temukan di Kecamatan Sungai Tarab, Tanjung Emas dan Lima Kaum.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel