TdS Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi di Sektor Pariwisata

Event akbar Tour de Singkarak (TdS) mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi pariwisata. Acara yang akan dihelat pada 2-10 November 2019 tersebut, menurut Wagub Nasrul Abit, bukan hanya sekedar lomba melainkan juga sebagai misi meningkatkan pertumbuhan ekonomi di sektor pariwisata.

Acara ini sudah memasuki yang kesebelas kalinya digelar di Sumbar. Namun, tetap mampu menarik perhatian wisatawan terutama dari mancanegara.

Pada acara balapan sepeda internasional ini, selalu bekerjasama dengan ratusan fotografer, videografer dan pewarta foto yang mengabadikan moment terbaik dari berbagai sudut pandang dengan latar pesona alam tiap daerah yang dilalui para pebalap.

Wagub Nasrul Abit menjaelaskan, penyelenggaraan TdS tahun ini berbeda dengan penyelenggaraan pada tahun sebelumnya. Tahun ini, rute yang dilewati para pebalap akan bertambah. Yakni melintasi rute baru yang ada di Provinsi Jambi. Rute ini, berada pada etape delapan dan sembilan.

Pemerintah Provinsi Jambi, sejak beberapa tahun lalu, sudah mengajukan diri untuk ikut serta dalam penyelenggaraan TdS. Mereka menganggap, event skala internasional yang diselenggarakan ini, terbukti mampu memberikan dampak positif, terutama di sektor pariwisata.

“Tahun ini, Jambi ikut serta. Panorama alam Gunung Kerinci dan karakter lintasan yang belum pernah dilalui para pebalap, tentu saja akan lebih menarik dan menantang,” ujar Nasrul Abit.

Selain itu kata Wagub, event TdS ini juga mampu mendorong pertumbuhan objek wisata di sepanjang lintasan yang dilalui. Dampaknya, juga akan dapat mendorong integrasi pembangunan lintas sektor dan wilayah antar kabupaten dan kota.

“TdS ini juga mendorong pertumbuhan simpul objek wisata di sepanjang rute. Juga mampu menggerakkan ekonomi pariwisata. Dampaknya terasa. Melalui TdS juga, kita ingin mengangkat citra pariwisata di Indonesia, khususnya Sumatera Barat di mata dunia sebagai destinasi unggulan olah raga balap sepeda,” papar Nasrul Abit.

“Yang jelas, kita mendukung pencapaian target 20 juta Wisman tahun ini. Salah satunya, melalui event TdS. Tahun​ 2019​ kunjungan Wisman ditargetkan naik sebesar 7,5% (58.447) sedangkan Wisnus target 2019 naik 5% (8.476.742),” tambah Wagub Nasrul Abit.

Lebih lanjut Nasrul Abit, melalui event TdS ini, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dan juga Jambi, berharap mampu meningkatkan angka kunjungan dan lama tinggal wisatawan baik itu domestik maupun mancanegara.

Serta mampu meningkatkan potensi menjadi sarana edukasi kepada masyarakat tentang keanekaragaman potensi wisata alam, budaya dan kuliner di Sumatera Barat.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel