Wagub Sumbar: Melalui TdS Tingkatkan Citra Pariwisata

Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit menyatakan bahwa Tour de Singkarak (TdS) meningkatkan citra pariwisata Indonesia khusunya Sumbar di mata internasional.

Untuk yang kesebelas kalinya TdS diselenggarakan di Sumatera Barat, Wagub Nasrul Abit menjelaskan bahwa ajang balap sepeda ini bukan hanya semata-mata berlomba, melainkan sebagai destinasi unggulan olah raga sepeda. Selain itu, juga meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dan memiliki keinginan untuk tinggal lebih lama di Ranah Minang.

“Banyak nilai strategis yang ingin kita capai. Jadi bukan sekedar ajang balap sepeda semata. Kita juga ingin meningkatkan potensi dan mengedukasi masyarakat tentang keanekaragaman potensi wisata alam, budaya dan minat khusus di Sumbar,” kata Wagub.

Dari sisi sport, jelas Wagub, Pemprov Sumbar ingin memantapkan posisi TdS dalam kalender Union Cycliste Internationale (UCI) sebagai event balap sepeda unggulan kelas dunia. Dengan begitu, dapat mendorong perkembangan industri pariwisata berbasis olah raga balapan sepeda.

Dari sektor ekonomi, Nasrul Abit menerangkan, pihaknya menargetkan TdS mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan peningkatan infrastruktur di area yang dilewati pebalap.

Selain itu, juga ada peningkatan sarana dan pra sarana (akomodasi, restaurant, rental mobil, toko souvenir), serta peningkatan devisa negara, belanja wisatawan dan investasi baru di bidang kepariwisataan dan tumbuhnya usaha ekonomi masyarakat.

“Yang jelas, ada banyak nilai stretegis yang ingin kita capai. Tahun ini akan lebih menarik lagi karena Provinsi Jambi ikut serta sebagai tuan rumah. Tentunya, ini juga capaian yang sangat baik. Membuktikan kalau event TdS memiliki dampak yang sangat positif,” tutup Wagub Nasrul Abit.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel