Destinasi Wisata Kabupaten Pasaman

Sebagai daerah yang akan dilalui balapan sepeda Tour de Singkarak (TdS) 2019, Kabupaten Pasaman memiliki sejumlah objek wisata yang sangat menawan.

Para peserta dan masyarakat yang hadir menyaksikan event tersebut, bisa menikmati keindahan objek wisata yang sudah disiapkan oleh Pemkab Pasaman.

Berikut beberapa tempat pariwisata yang menjadi rekomendasi:

1. Taman Wisata Alam Rimbo Panti

Taman Wisata Alam Rimbo Panti memiliki luas area 570 hektar di Kecamatan Panti. Di lokasi ini anda bisa melihat berbagai spesies tanaman dan hewan yang hidup di dalamnya. Selain itu, anda juga dapat menikmati kolam pemandian air panas.

2. Museum Tuanku Imam Bonjol

Museum ini mengolekasi benda-benda bersejarah yang digunakan pada Perang Paderi, seperti keris, pedang, kitab-kitab yang mengisahkan tentang Tuanku Imam Bonjol serta benda-benda pusaka lainnya.

3. Ikan Banyak Lubuk Bonta

Tempat ini merupakan sebuah pemandian alam berbentuk telaga yang kini telah menjadi tempat rekreasi yang menyejukkan. Selain itu, ada banyak spesies Ikan Banyak yang hidup di dalam telaga tersebut. Tempat ini menjadi salah satu destinasi alam yang banyak dikunjungi di Kabupaten Pasaman.

4. Air Terjun Ciracai

Air terjun ini menjadi salah satu destinasi alam yang eksotik, terletak di Nagari Pindahan, Kecamatan Lubuak Sikaping, Pasaman. Lokasi ini mudah dijangkau. Namun, perlu anda ketahui, Air Terjun Ciracai ini memiliki tujuh tingkatan.

5. Monumen Equator

Tugu ini merupakan salah satu titik lintasan garis katulistiwa yang ada di Indonesia. Tugu Equator ini terlihat unik karena monumen tersebut dikombinasikan dengan bangunan rumah adat Minangkabau serta tulisan “You Are Crossing The Equator”.

Pengunjung yang datang bukan hanya bisa dapat melihat bangunan yang disanggah tiga tiang tersebut, melainkan juga mendapatkan sertifikat yang menjadi bukti bahwa pengunjung pernah datang ke daerah ini.

Selain menikmati keindahan alam dengan panorama yang dapat memanjakan para peserta dan masyarakat yang datang menyaksikan Tour de Singkarak (TdS), anda juga dapat menikmati kenikmatan kuliner di Kabupaten Pasaman ini.

Berikut rekomendasikan beberapa jenis kuliner khas Kabupaten Pasaman:

1. Gulai Sabo-Sabo

Gulai ini memiliki isi yang beragam macam hasil laut, seperti ikan kecil, udang kecil, kepiting dan lain-lain yang dicampur dengan gulai kuah santan dengan rasa pedas khas Minangkabau.

2. Gulai Hiu

Gulai hiu merupakan kuliner khas Pasaman ini akan anda nikmati di Nagari Air Bangis. Makanan ini dijual di sejumlah rumah makan di kawasan tersebut. Kuliner yang satu ini telah ada sejak tahun 80-an. Jika anda ingin mencicipi rasa nikmat dari gulai ini, datanglah ke Air Bangis, Kabupaten Pasaman, Sumatera Barat.

3. Panggang Pacak

Panggang pacak adalah ikan bakar yang diberi bumbu menggunakan batang serai yang sudah terlebih dahulu dicampur bumbu. Kuliner ini menjadi salah satu makanan yang sangat populer di daerah Pasaman.

4. Gulai Langkitang Lado Kutu

Gulai Langkitang merupakan gulai siput dengan rasa gurih pedas, dengan campuran santan, cabai dan bumbu rempah khas Minang.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel