Sebagai Grand Finish Etape Kedua, Bukittinggi Siapkan Destinasi Wisata dan Kuliner

Sebagai grand finish pada etape kedua perhelatan Tour de Singkarak (TdS) 2019, Kota Bukittinggi telah menyiapkan berbagai destinasi wisata yang nantinya akan dikunjungi dan dinikmati oleh peserta dan masyarakat yang datang untuk menonton perhelatan tersebut.

Berikut beberapa tempat wisata yang menjadi rekomendasi di Kota Bukittinggi:

1. Jam Gadang

Sebagai salah satu ikon wisata Sumatera Barat, Jam Gadang, Bukittinggi selalu ramai dipenuhi oleh pengunjung. Lokasi Jam Gadang sangat cocok dijadikan sebagai lokasi rehat bersantai.

Apalagi pada perhelatan Tour de Singkarak (TdS) 2019, lokasi Jam Gadang akan menjadi grand finish etape kedua dengan start dari Kantor Bupati Pasaman. Tempat ini tentu akan semakin padat.

2. Benteng Fort de Kock

Benteng peninggalan Belanda ini menjadi salah satu idola di Kota Bukittinggi. Sekitar satu kilo meter dari lokasi Jam Gadang. Benten ini memiliki keunikan tersendiri, seperti banyaknya meriam-meriam kuno Belanda dan pemandangan landai ke Kota Bukittinggi.

3. Jembatan Limpapeh

Jembatan ini adalah salah satu tempat di Bukittinggi yang wajib anda kunjungi. Jembatan ini menghubungkan antara Taman Margasatwa dan Budaya Kinantan dengan Benteng Fort de Kock.

4. Ngarai Sianok

Ngarai ini membentang sepanjang 15 kilometer dari sisi selatan Nagari Koto Gadang hingga Nagari Sianok Enam Suku dengan kedalaman mencapai 100 meter dan lebar 200 meter. Ngarai ini memiliki pemandangan yang sangat menakjubkan. Udara yang sejuk akan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini.

5. Lobang Japang

Objek wisata Lobang Japang merupakan salah satu tempat wisata yang wajib anda kunjungi bila berkunjung ke Bukittinggi. Pasalnya, tempat peninggalan pejajahan Jepang ini memiliki keunikan tersendiri. Terowongan ini memiliki panjang sekitar 1.470 meter.

Lobang Japang ini dahulunya dijadikan sebagai tempat penyimpanan amunisi, tempat tinggal, ruang pertemuan, ruang tahanan, ruang makan, dapur, ruang penyiksaan, ruang mata-mata, ruang penyegaran dan pintu gerbang oleh tentara Jepang.

Sebagai kota wisata Bukittinggi memiliki kuliner yang sangat menggugah selera. Berikut rekomendasi kuliner dari Kota Bukittinggi:

1. Nasi Kapau

Nasi Kapau merupakan kuliner khas Bukittinggi yang peling diminati oleh masyarakat lokal maupun daerah lain yang berkunjung ke darah tersebut. Anda akan dimanjakan dengan kelezatan lauk-pauk bumbu ‘balado’ dan sayur khas Nasi Kapau.

2. Itiak Lado Mudo

Kuliner ini sangat disukai oleh para wisatawan. Rasa bumbunya yang gurih dan sedap akan memanjakan lidah anda. Ada dua cara memasak bebek dengan sambal hijau ini, yakni dibuat rendang dengan ‘lado’ dan digulai.

3. Katupek Pical

Makanan ini berisi sayuran yang disiram dengan bumbu kacang. Rasanya gurih, sebab terdiri dari jantung pisang, rebung, pucuk singkong dan daun lobak singgalang serta irisan ketupat dan kerupuk merah. Makanan ini biasanya dijadikan sebagai sarapan.

4. Gulai Jariang Muda

Gulai jariang muda (jengkol muda), kuliner ini bisa ditemukan di Rumah Makan Padang manapun di Bukittinggi. Rasa gurihnya jengkol yang dipadukan dengan kuah santan kental akan membuat selera makan anda semakin lahap.

5. Ampiang Dadiah

Kuliner ini terbuat dari campuran antara karamel gula merah, ketan putih dan merah (ampiang) serta susu kerbau yang sudah difermentasikan. Anda tidak akan menemukan jajanan ini di daerah lain, selain di Ranah Minang.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel