Destinasi Wisata dan Kuliner Kota Padang Panjang dalam Penyambut TdS 2019

Kota Padang Panjang tahun ini menjadi grand finish etape ketiga dalam ajang Tour de Singkarak (TdS) 2019 dengan start dari Lembah Harau, Kabupaten Limapuluh Kota.

Sebagai lokasi grand finish, ‘Kota Hujan’ ini akan menjadi pusat kunjungan pebalap, masyarakat dan wisatawan yang berkunjung menyaksikan acara akbar itu.

Berikut tempat wisata yang sudah disiapkan oleh Pemko Padang Panjang untuk dikunjungi:

1. Minang Fantasi

Minang Fantasi atau Mifan merupakan salah satu wisata air yang cukup populer di Padang Panjang. Mifan memiliki pemandangan yang sangat indah. Berbagai jenis permainan air tersedia di lokasi tersebut. Tempat ini selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan, baik di hari kerja apalagi hari libur.

2. Lubuk Mata Kucing

Ini merupakan sebuah tempat pemandian yang juga telah populer. Air di tempat pemandian ini sangat jernih seperti mata kucing kata orang-orang sekitar. Tempat ini bisa dijadikan alternatif bila sewaktu-waktu Mifan penuh.

3. Museum Kebudayaan Minangkabau

Museum ini terletak di Kecamatan Silang Bawah, Kota Padang Panjang. Tempat ini menyimpan berbagai dokumentasi tentang Minangkabau. Selain itu, tempat ini memiliki pemandangan yang luar biasa. Taman-tamannya bisa dijadikan tempat istirahan yang sangat nyaman.

4. Desa Wisata Kubu Gadang

Desa ini terletak di Jalan Haji Miskin, Ekor Lubuk, Padang Panjang, Kota Padang Panjang. Di sini anda akan disuguhkan banyak pemandangan yang sangat menawan khas pedesaan. Ini membuat anda merasa kembali pada masa kanak-kanak dahulu. Selain itu, anda juga akan disuguhkan berbagai tempat spot foto yang manarik.

5. Stasiun Kereta Api Padang Panjang

Stasiun ini memang sudah tidak beroperasi lagi, bukan berarti tempat ini tidak dikunjungi oleh banyak wisatawan. Dibangun pada masa penjajahan Belanda, bangunan-bangunan yang sangat artistik sehingga dijadikan sebagai spot foto.

Selain memiliki tempat wisata yang menarik, Kota Padang panjang juga memiliki kuliner khas yang bisa anda nikmati ketikan perhelatan Tour de Singkarak berlanjut. Berikut beberapa kuliner yang dirokemdasikan:

1. Sate

Padang Panjang juga terkenal dengan masakan satenya. Sate di daerah ini memiliki beragam jenis, seperti sate lidah, sate usus, sate jantung dan lain-lain. Anda bisa merasakan kenikmatan kuliner khas Minangkabau (pada umumnya) ini.

2. Bubur Kampiun

Kuliner ini merupakan gabungan dari beberapa kolak atau bubur yang dipadukan dengan gula aren murnni. Hal ini bisa dilihat dari isinya yang komplit mulai dari pisang, ubi, labu, ketan hitam, bubur delima dan bubur candil. Masakan ini menjadi favorit.

3. Teh Kawa Daun

Teh kawa daun bisa ditemukan di Padang Panjang. Teh ini tidak dibuat dari daun teh melainkan dari daun kopi yang telah dikeringkan. Rasanya yang nikmat membuat banyak orang menyebutnya dengan istilah teh bukan kopi. Uniknya lagi adalah penyajian dari teh ini yang tidak menggunakan gelas seperti biasanya akan tetapi menggunakan batok kelapa.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel