Hadapi TdS, Kabupaten Limapuluh Kota Siap dengan Tempat Wisata dan Kuliner

Kabupaten Limapuluh Kota merupakan salah satu daerah yang memiliki destinasi andalan di Sumatera Barat. Tempat-tempat eksotik dengan panorama yang indah membuat daerah ini sering ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Apalagi Kabupaten Limapuluh Kota tahun ini ikut serta memeriahkan perhelatan Tour de Singkarak (TdS) 2019 sebagai etape ketiga.

Berikut tempat wisata yang menjadi rekomendasi:

1. Lembah Harau

Lembah Harau ini merupakan salah satu tempat wisata yang terpopuler di Limapuluh Kota, Sumatera Barat umumnya. Berkunjung ke lokasi ini, anda akan disuguhkan pemandangan, seperti perpaduan antara lembah, perbukitan, hamparan sawah hijau dan air terjun yang akan membuat nyaman bagi setian wisatawan.

2. Panorama Selat Malaka

Panorama ini berdekatan dengan Kelok 9. Anda akan menikmati pemandangan gugusan perbukitan di lokasi ini. Ketika pagi hari, anda akan melihat embun menyelimuti kawasan di sekitarnya, seakan membuat anda berada di atas awan.

3. Kelok 9

Kelok 9 merupakan sebuah jalan lintas Sumbar – Riau. Karena keindahan dan keunikannya, Kelok 9 ramai dikunjungi oleh wisatawan. Apalagi ketika malam, lokasi ini semakin indah diterangi lampu-lampu jalan.

4. Pemandian Batang Tabik

Pemandian ini memiliki sumber air langsung dari mata air. Pemandian ini juga dihuni oleh ratusan ikan yang akan menemani wisatawan yang datang berenang ke tempat ini.

5. Kapalo Bonda

Kapalo Bonda (ada juga yang menyebutnya Kalapo Bunda) adalah saluran irigasi. Setelah adanya pembangunan, lokasi ini kemudian menjadi salah satu destinasi wisata alam yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Air jernih dan pemandangan hijaunya perbukitan akan membuat anda betah berlama-lama di tempat ini.

Selain keindahan destinasi wisata, Kabupaten Limapuluh Kota juga memiliki kuliner khas yang membuat selera makan anda semakin bertambah.

Berikut rekomendasi kuliner khas Limapuluh Kota:

1. Gulai Paluik

Gulai ini berbahan utama dari sayuran, sementara untuk tambahannya adalah telur, tepung, kelapa dan jengkol. Jengkol giling lalu dililit dengan sayuran dari daun kacang. Dipadu dengan kuah gulai yang penuh bumbu rempah. Masakan ini sangat unik dengan rasa yang sangat enak.

2. Martabak Kubang

Masakan ini berasalan dari Nagari Kubang, Kecamatan Guguk, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumbar. Martabak ini menjadi ciri khas Nagari Kubang. Martabak ini dibuat dengan isian daging sapi cacah bahkan rendang juga bisa, lalu ditambah dengan daun bawang.

Perbedaannya dengan martabak telur adalah dari teknik pembuatannya, yaitu adonan kulit martabak kubang akan dibanting beberapa kali hingga melebar. Kulit itulah yang nantinya akan diisi dengan daging sapi atau rendang dan daun bawang, sehingga akan terlihat lebih padat.

Kemudian untuk menghidangkannya akan disajikan pula kuah dengan rasa pedas yang berpadu dengan asam manis.

3. Sate Dangung-Dangung

Sate Dangung-Dangung memiliki ciri khas yang membuat beda dengan sate Pariaman yang kuahnya kental dan berwarna cokelat, beberapa ada yang dicampur kacang.

Sementara sate Dangung-Dangung terlihat pada kuah kentalnya berwarna kuning sedikit semburat merah dan ukuran dagingnya berukuran lebih besar dan tebal. Warna daging satenya juga tidak terlalu cokelat, melainkan cokelat dengan semburat bumbu kuning.

4. Pangek Cubadak

Makanan ini sejenis gulai dengan kuah santan kering dari olahan nangka yang juga dikenal di daerah lain Sumatera Barat. Pangek cubadak yang paling terkenal adalah dari Situjuah.

Tekstur nagka yang lembut ditambah bumbunya yang meresap ke dalam lalu kuahnya yang sangat gurih membuat lidah anda tidak berhenti mengunyah.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel