FPM Ditutup, Wagub: Kunjungan Wisman ke Sumbar Meningkat di Tahun 2019

Festival Pesona Minangkabau (FPM) resmi ditutup oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul Abit di Lapangan Cindua Mato Batusangkar pada Minggu (8/12).

Pada kesempatan tersebut, Wagub menyampaikan, bahwa kunjungan wisatawan manca-negara (Wisman) ke Sumatera Barat meningkat di tahun 2019.

“Jika kita amati dari bulan ke bulan, dari tahun ke tahun untuk angka kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat mengalami peningkatan. Kita ambil contoh pada bulan September dan Oktober 2019. Dari September hingga Oktober berdasarkan perhitungan BPS, angka kunjungan wisatawan mancanegara dari Bulan September (4.435) hingga Oktober (6.276) mengalami kenaikan 18,96 %,” ujar Wagub Nasrul Abit.

Peningkatan jumlah kunjungan tentu tidak terlepas dari upaya pemerintah bersama pemangku kepentingan pariwisata lainnya untuk memperomosikan dan menjual paket wisata yang inovatif dan variatif.

Selain itu, kegiatan kepariwisataan ini juga meningkatkan pengembangan perekonomian daerah. Hal tersebut manfaatnya langsung dirasakan oleh masyarakat. Kondisi ini tentu akan berbanding lurus dengan tingkat penghunian kamar (TPK) dan berpengaruh terhadap sektor lainnya.

“Sejumlah destinasi kreatif kita lihat sudah mulai bermunculan yang diirigi dengan destinasi digital yang diusung Generasi Pesona Indonesia (GenPI) serta destinasi alam yang selalu mempesona. Begitu juga event-event budaya yang unik, spesifik dan khas Sumatera Barat yang tidak kalah menariknya. Sangat banyak warisan budaya (objek pemajuan kebudayaan yang perlu dilestarikan, dilakukan perlindungan, pemanfaatan, pengembangan serta pembinaan sesuai amanah Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan. Mari gali segala potensi budaya yang kita miliki. Khusunya untuk Kabupaten Tanah Datar sebagai Luak Nan Tuo di Minangkabau, kaya dengan peninggalan sejarah dan keragaman budaya,” papar Wagub Nasrul Abit.

Atraksi seni budaya yang telah digelar pada acara FPM 2019, kata Nasrul Abit, tentu telah memberikan suguhan kepada masyarakat, baik yang berdomisili di Tanah Datar maupun pengunjung yang hadir menyaksikan event tersebut.

Juga kepada pengunjung dari luar Sumbar bahkan wisatawan manca-negara, baik yang sedang berwisata maupun tamu yang sengaja datang untuk menghadiri acara budaya dan pariwisata tersebut.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel