Rafting Festival 2019 Diadakan di Lareh Sago Halaban

Kejuaraan Terbuka Arung Jeram 2019 diadakan di Jorong Air Baba, Halaban, Kecamatan Lareh Sago Halaban, Limapuluh Kota, Sumbar. Festival ini digelar selama dua hari, yakni 10-11 Desember 2019.

Kejuaraan ini melibatkan tiga nagari, yakni Nagari Halaban, Ampalu dan Tanjuang Gadang. Ketiga nagari tersebut memiliki potensi wisata yang tidak kalah menarik dengan daerah lain yang ada di Sumbar.

“Kegiatan dipusatkan di Jorong Aia Baba dan termasuk nantinya Koto dan Ampalu yang akan dilangsungkan pada Selasa hingga Rabu sesuai dengan kesepakatan jadwal,” kata Yan Syafrizal sebagai Ketua Pelaksana Lareh Sago Halaban Sumatra Adventure, Senin (9/11).

Yan Syafrizal memaparkan, kejuaraan ini dikemas dalam bentuk festival sebagai langkah awal memperkenalkan ke publik, bahwa Lareh Sago Halaban memiliki potensi wisata yang luar biasa.

Selain mengangkat destinasi wisata air, acara tersebut juga ingin mengangkat ekonomi masyarakat daerah. Selain memiliki sungai, daerah ini memiliki potensi lain, seperti goa, air terjun tiga tingkat serta beberapa jalur lintas alam yang melewati perbukitan.

Para peserta yang ingin mengikuti festival tersebut sudah membeludak sejak dibukanya pendaftaran awal. Peserta bukan hanya dari Sumbar melainkan ada juga dari Sumatera Utara, Jawa, Riau, Lampung bahkan Jambi.

Acara tersebut, Yan menuturkan, akan dibuka secara resmi oleh Gubernur Sumbar Irwan Prayitno dan Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi.

“Kita berharap Bapak Gubernur dan Bapak Bupati dapat membuka kegiatan festival rafting di Lareh Sago Halaban,” kata Yan.

Pada acara ini, para peserta akan merasa aman dan nyaman, sebab Kang Abo senior arung jeram akan turut hadir dan sekaligus dipercaya sebagai chief direktur segala teknik dan persiapan.

“Para peserta ramai yang datang bahkan Kang Abo datuknya arung jeram datang kemari,” tutur Yan.

Rafting Festival Lareh Sago Halaban diharapkan kedepan dapat menjadi agenda tahunan, selain mengangkat potensi wisata dan ekonomi masyarakat nagari. Tentunya memberi ruang bagi daerah untuk memiliki operator arum jeram.


Ketentuan : 
Berita ini dan semua isi dari sumbar.travel diperbolehkan untuk diperbanyak, disebarluaskan dan dirubah seperlunya dengan mencantumkan sumber sumbar.travel

Sekilas Sumbar.Travel

Sumbar.travel merupakan situs publikasi kepariwisataan yang dikelola tim yang dibentuk Dinas Pariwisata Sumbar. Untuk menyebarkan informasi Dinas Pariwisata menggunakan situs sumbar.travel, media sosial @sumbartravel, bekerjasama dengan GenPI Sumbar. Publikasi juga dilakukan melalui kerjasama dengan media luar ruang dan media massa. Paragraph

Ingin kegiatan, lembaga atau profil usaha pariwisata anda dipublikasikan? Kirimkan informasinya ke email news@sumbar.travel