Danau Maninjau Akan Menjadi Simbol Destinasi Wisata Agam

Danau Maninjau, Agam merupakan salah satu lokasi wisata abdalan di Sumatera Barat. Keindahan alam sekitar danau tersebut memberikan kesan bahwa tempat tersebut benar-benar indah dengan pemandangan seperti perbukitan yang mengelilingi dan air yang sejernih kaca.

Selain itu, di lokasi Danau Maninjau juga terdapat kuliner yang khas, yakni ikan rinuak. Di samping adanya potensi kebudayaan, agama dan budaya tradisi.

Trinda Farhan Satria menyampaikan di sela-sela mengikuti Rapat Koordinasi Persiapan Pilkada Sumbar di Hotel Pangeran Beach, Kamis (12/12), diakuiKabupaten Agam itu memiliki potensi yang beragam, ada potensi pariwisata alam, budaya dan kuliner, pertanian, perkebunan, peternakan, usaha kecil menengah yang tumbuh subur.

“Ada tradisi budaya yang masih hidup di tengah masyarakat Agam sebagai bahagian kebiasaan mereka sehari-hari, misalnya perhelatan naik gala penghulu, tata hubungan anak berminantu, budaya bersilat dan aktifitas lainnya,” ungkapnya.

Di sisi lain, ada banyak spot yang bisa dikunjungi untuk menyaksikan keindahan danau tersebut, terlebih-lebih dari ketinggian. Hamparan permukaan danau akan terlihat jauh lebih indah, panorama bentangan sawah dan perbukitan di sekeliling Maninjau.

“Potensi Danau Maninjau akan menjadi simbol pariwisata Agam tumbuh pesat, jika masyarakat ikut serta berperan secara sadar menjaga nama baik daerah, sehingga orang tertarik datang berkunjung karena ada aktifitas masyarakat yang harmonis, damai, nyaman dan bersahabat,” pungkasnya.

Trianda Farhan Satria menambahkan, jika saja kondisi Danau Maninjau dapat kita normalkan dalam sesuai harmonisnya alam dan lingkungan, usaha masyarakat lainnya dapat kita maksimalkan di seluruh Kabupaten Agam sebagai lokasi promosi keindahan, kemajuan dan pasar produk masyarakat.