HUT Padang Panjang ke – 229

Dinas Pariwisata Gelar Berbagai Kegiatan

Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang, Sumatera Barat ke-229, 1 Desember 2019 tahun ini menampilkan keelokan daerah. Berbagai kegiatan, penuhi rangkaian HUT Kota yang masuk dalam agenda pariwisata Kota dengan brand wisata Gate of Minangkabau itu.

Dinas Pariwisata Kota Padang Panjang menggelar kegiatan untuk memeriahkan HJK Kota Padang Panjang. Kegiatan itu adalah lomba hias kampung, senam lansia dan fashionshow, Komunitas Slalom dan Kreasi Pilot Drone.

Pada HJK tersebut ada juga penampilan kesenian, festival film, lomba randai, festival band dan lain-lain.

“Acara tersebut akan menjadi salah satu magnet yang akan menarik minat masyarakat baik yang ada di Kota Padang Panjang maupun daerah yang lain yang ada di Sumbar,” kata Medi Rosdian, Plt Kadis Pariwisata Kota Padang Panjang.

Senada, Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayinto dalam rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati HJK mengatakan, kebanyakan dari masyarakat atau wisatawan hanya tahu jika Kota Padangpanjang sebagai daerah perlintasan, dengan begitu mereka tidak tahu destinasi yang dimiliki Padangpanjang sendiri.

“Dengan berbagai upaya dan gebrakan selalu dilakukan untuk mendatangkan wisatawan agar menjadikan Padangpanjang sebagai kota tujuan bukan perlintasan. Kami yakin Pemerintah Kota Padangpanjang mampu melakukannya,” kata Irwan Prayitno.

Kota Padang Panjang, selain memiliki berbagai acara yag masuk dalam agenda pariwisata Kota juga memiliki berbagai lokasi wisata tersebut, seperti Pusat Dokumentasi Kebudayaan dan Informasi Minangkabau (PDKIM) atau biasa disebut Minang Vilage, Minang Fantasi (Mifan), Air Terjun Lembah Anai, pemandian Lubuak Mata Kucing, Museum Kebudayaan Minangkabau atau mengunjungi Masjid Asasi Sigando yang merupakan masjid tertua di kota tersebut. (*)

Armada Band, Meriahkan Malam Puncak HUT Padang Panjang 2019

Penampilan Armada Band

Semarak kemeriahan Hari Jadi Kota (HJK) Padangpanjang ke 229 tahun terlihat saat malam puncak yang dihadiri ribuan masyarakat Padangpanjang di Lapangan Bancalaweh, Minggu (1/12) malam.

Tiga hari berturut-turut kegiatan puncak HJK dilaksanakan dengan hiburan usai dibuka oleh Walikota Padangpanjang Fadly Amran, di Lapangan Bancalaweh, Jumat (29/11) malam.

Dalam sambutannya, Walikota menyambut baik adanya penampilan-penampilan artis Minang yang bertalenta seperti Kintani, Adim, Orkes Taman Bunga, The Muaro’s dan lain sebagainya.

“Kita harap HJK ke 229 ini sangat berkesan dan penuh dengan kemeriahan,” kata Fadly Amran.

Tak cukup sampai di situ, Pemerintah Kota Padangpanjang bersama BPNB juga menggelar dialog interaktif dalam kegiatan Festival Film Pemajuan Kebudayaan. Walikota memyampaikan bahwa kini adalah zamannya anak muda berkarya. Kemajuan teknologi informasi dengan eksistensi media sosial membuat anak muda berani mengekspresikan kebisaan mereka, dibuktikan dengan munculnya berbagai vlog dan film-film yang digarap lewat jalur indi.

Kemudian, pada puncak kegiatan HJK diadakan Rapat Paripurna DPRD dalam rangka memperingati HJK yang dihadiri langsung Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno, Minggu (1/12). Gubernur meminta Pemko Padang Panjang mempromosikan destinasi dan keindahan KOta Padang Panjang.

Puncak HJK juga dimeriahkan artis ibukota Armada Band. Masyarakat sangat antusias dan semangat menunggu penampilan band tersebut meskipun di bawah derasnya hujan hingga penutupan HJK. Kegiatan HJK ke 229 ditutup dengan permainan KIM di Gedung DPRD Padangpanjang.

Pilot Drone Potret Kota Padang Panjang

Ikut memeriahkan Hari Jadi Kota (HJK) Padang Panjang ke-229, Komunitas Pilot Drone Sumatera Barat melakukan funtrip ke beberapa titik lokasi wisata yang berada di Kota Serambi Mekkah tersebut. Di antaranya Minang Fantasi (Mifan), Pusat Dokumentasi dan Informasi Kebudayaan Minangkabau (PDKIM), Islamic Center dan Atraksi Slalom oleh Komunitas Mobil BMW.

“Sebenarnya ada acara lomba pilot drone dari Namun, karena terkendala waktu yang begitu singkat ditambah lagi cuaca tidak bersahabat, maka acara lomba drone dialihkan menjadi funtrip ke lokasi wisata,” sebut Aries Purnama, Ketua Pilot Drone Sumatera Barat, Minggu 1 Des 2019.

Meski demikian, acara HJK Kota Padang Panjang dengan tagline wisata Gate of Minangkabau bukan berarti tidak menarik, bahkan sangat semarak.