English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

5 Kuliner Khas Sumbar yang Bikin Ketagihan

Sematera Barat merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki beragam kuliner dengan cita rasa yang menggugah selera. Masakan di Ranah Minang ini juga terkenal dengan sanyang yang kental dan rasa pedasnya, hal ini membuat orang yang berkunjung ke Sumbar akan ketagihan menyantap masakannya.

Berikut kuliner Sumatera Barat yang bikin ketagihan:

1. Rendang

Foto: Istimewa

Rendang menjadi salah satu kuliner andalan Sumatera Barat. Masakan ini terbuat dari daging sapi dengan rempah-rempah pilihan. Rendang kini semakin terkenal ke manca negara, bahkan, kuliner ini masuk dalam World’s 50 Most Delicious Food dari CNN pada tahun 2011.

2. Sate

Foto: goodindonesianfood.com

Kuliner ini memang tidak asing lagi bagi masyarakat Indonesia pada umumnya, namun sate di Sumatera Barat ini memiliki kekhasan yang membuat anda ketagihan bila menyantapnya. Sate Padang, begitu orang menyebutnya. Masakan ini akan sangat mudah dijumpai bila berkunjung ke Sumatera Barat. Sate Padang menggunakan kuah yang sangat kental dan berwarna kuning (ada juga yang berwarna merah).

3. Gulai Paku

Foto: Instagram via food.detik.com

Kuliner yang satu ini memiliki bahan utamanya adalah paku atau pakis. Gulai Paku memiliki bumbu dari cabai rawit, lengkuas, asam kandis, kunyit, serai, dan daun jeruk.

4. Dendeng

Foto: Resepkoki.id

Makanan khas dari Sumatera Barat selanjutnya adalah dendeng. Bahan utama dari makanan ini, yakni daging sapi yang dikeringkan. Kebanyakan orang menyebutnya ‘dendeng balado’. Rasanya yang enak akan membuat anda ketagihan ditambah lagi rasa pedasnya. Selain ‘dendeng balado’, ada juga namanya ‘dendeng batokok’, dan ‘dendeng bakuah atau basah’.

5. Soto Padang

Foto: zonamakan.com

Soto Padang merupakan salah satu masakan yang enak dan gurih khas Sumatera Barat. Akan semakin nikmat bila disantap hangat-hangat dan ditambah ketupat.