English Version!Travel and Tourist Information Sumatera Barat

Beragam Wisata Sumatera Barat sangat mempesona

Sejak 2014 wajah baru Pantai Padang hadir setelah pemerintah kota melakukan beberapa pembenahan.

Upaya keras pemerintah kota pun mulai membuahkan hasil dengan memindahkan bangunan yang berada di bibir pantai dan merelokasi pedagang yang berjualan di sisi pantai sehinggabenar-benar bisa dinikmati langsung pengunjung tanpa ada penghalang.

Setidaknya saat ini terdapat tiga titik yang menjadi favorit pengunjung untuk berfoto yaitu tugu Iora yang bertuliskan kota Padang dengan latar oranye, monumen Merpati Perdamaian yang menjulang tinggi dan Pantai Muaro Lasak dengan tulisan berlatar merah.

Tak pelak hampir dipastikan semua pengunjung akan berhenti dan berfoto minimal di tugu Iora tersebut.

Jika anda berwisata ke Ranah Minang maka Pantai Padang merupakan destinasi wajib pertama yang harus dikunjungi. Selain menawarkan keindahan pantai, laut biru, di sepanjang pantai tersedia beragam kuliner mulai dari hidangan laut hingga penganan lokal khas seperti kerupuk kuah, pensi, dan langkitang.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah sore hari karena anda juga akan dapat menikmati keindahan lembayung senja saat matahari terbenam.

Setelah itu jangan lupa untuk singgah di Masjid Raya Sumatera Barat. Masjid kebanggan warga Padang dengan desain yang unik karena atapnya berbentuk gonjong merupakan objek foto yang juga sayang untuk dilewatkan.

Apalagi jarang ada masjid dengan desain gonjong dan dibalur arsitektur dan hiasan kaligrafi berwarna kuning keemasan.

Jangan lupa menikmati syahdunya shalat di masjid tersebut dengan hawa yang sejuk tanpa pendingin ruang karena didesain sedemikian rupa oleh perancangnya.

Nah, setelah itu bermalamlah terlebih dahulu di Padang dengan beragam pilihan hotel mulai dari bintang lima hingga hotel budget yang tidak membuat kantong bolong ada tersedia.

Setelah semalam melepas penat saatnya melanjutkan petualangan mencari objek foto terbaru.

Istana Pagaruyung yang berada di Kabupaten Tanah Datar bisa menjadi pilihan pertama untuk dikunjungi setelah bermalam di Padang.

Jika menggunakan angkutan umum menuju ke istama bisa menaiki bus di sepanjang jalan Hamka Padang.

Selain itu ada pilihan menyewa minibus dengan tarif mulai dari Rp250 ribu di luar bahan bakar.

Sebagai salah satu cagar budaya, istana dengan ciri khas atap bergonjong dan dinding penuh dengan ukiran menjadi objek menarik untuk difoto.

Selain bentuknya yang ikonik di dalam istana juga terdapat beragam objek menarik yang bisa menjadi latar foto seperti benda-benda tradisional hingga dekorasi istana yang khas.

Puas berfoto saatnya menuju objek kedua yakni Kawasan Lembah Harau yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota bisa menjadi pilihan.

Berjarak 60 kilometer dari Batusangkar atau 160 kilometer dari Padang perjalanan di sepanjang jalan tersaji pemandangan keindahan alam mulai dari areal persawahan, perbukitan dan lembah.

Lembah Harau yang berada di Kabupaten Limapuluh Kota merupakan hamparan tanah yang luas diapit oleh tebing tinggi dengan corak yang eksotis.

Pertama yang perlu didatangi adalah air terjun dengan ketinggian 100 meter dan berfoto dengan latar guyuran air terjun merupakan sensasi yang sayang untuk dilewatkan.

Selanjutnya mari bergeser sedikit ke Kampung Sarosah yang menyediakan beragam wahana mulai dai kanal yang bisa disusuri dengan bersampan hingga beragam objek foto unik dengan latar tebing tinggi.

Namun yang paling menarik tentunya berfoto ala Korea dengan latar satu pohon yang daunnya berguguran di atas pasir putih dengan latar bangunan kayu dua lantai berwarna coklat.

Dengan latar demikian anda akan disangka orang tengah berada di Korea menikmati musim gugur.

Usai menikmati keindahan alam Lembah Harau saatnya beranjak ke Kota Bukittinggi yang terkenal dengan Jam Gadang sebelum kembali ke Padang.

Hanya butuh waktu satu jam dari Lembah Harau menuju Bukittinggi dan titik yang perlu disinggahi adalah jam gadang dengan atap bergonjong.

Menara yang memiliki jam pada keempat sisinya itu memiliki tinggi 26 meter merupakan big ben ala Sumatera Barat.

Sumber: sumbar.antaranews.com